Ada Eksebisi Sepak Bola Robot dalam Kontes Robot Indonesia

redaksi.co.id - Ada Eksebisi Sepak Bola Robot dalam Kontes Robot Indonesia Ada yang berbeda di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 di Surabaya, besok. Satu divisi perlombaan...

43 0

redaksi.co.id – Ada Eksebisi Sepak Bola Robot dalam Kontes Robot Indonesia

Ada yang berbeda di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 di Surabaya, besok. Satu divisi perlombaan baru ditambahkan, yaitu pertandingan atau Eksibisi Sepak Bola Beroda Indonesia. “Jadi, robot beroda bermain sepak bola, persis seperti pertandingan sepak bola yang biasa kita lihat,” ujar Ketua Dewan Juri KRI Wahidin Wahab saat ditemui di sela uji lapangan di Supermall Surabaya, Kamis, 2 Juni 2016.

Dalam divisi perlombaan eksibisi (pertandingan), dua tim robot beroda berhadap-hadapan layaknya sepak bola manusia. Satu tim terdiri dari dua robot yang masing-masing harus mempunyai kemampuan untuk mendeteksi, mengejar, dan menendang bola. Mereka bakal bersaing menggocek bola tenis berwarna oranye di atas lapangan karpet hijau berukuran 4 x 6 meter, hingga membobol gawang lawan.

“Peserta boleh memanfaatkan komputer luar sebagai pengendali robot, namun robot harus bisa berjalan secara autonomous tanpa bantuan operator komputer ketika robot dalam keadaan bermain,” tutur Wahidin.

Total terdapat enam divisi perlombaan, antara lain Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) kategori beroda dan berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola (KRSBI), dan pertandingan Robot Sepak Bola Beroda.

Tiap tahun, tema kontes berbeda-beda, terutama pada divisi perlombaan robot ABU Indonesia. Tahun ini, kontes robot ABU Indonesia mengikuti tema yang ditentukan di tingkat internasional, The Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon), yakni Renewable Energy Bridging the Future.

“Makin lama temanya makin sulit karena harus ada kerja sama 2 robot, sehingga masing-masing tim membuat 2 robot yang harus bisa bekerja sama melaksanakan tugas yang ditentukan,” kata dia.

Rangkaian acara Kontes Robot Indonesia 2016 dimulai sejak Rabu, 1 Juni lalu dengan penyelenggaraan Simposium Robot Sepak Bola ke-4 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kontes robot sendiri dihelat selama dua hari, pada tanggal 3-4 Juni 2016.

ARTIKA RACHMI FARMITA

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!