Jadi Juara Kontes Robot, PENS Wakili Indonesia ke Thailand

134

redaksi.co.id – Jadi Juara Kontes Robot, PENS Wakili Indonesia ke Thailand

Tim PENSAE dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menyabet juara pertama divisi Kontes Robot ABU Robocon Indonesia dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional tahun 2016. PENS juga mendominasi pada divisi perlombaan lain, sehingga membuatnya memperoleh gelar juara umum dan mendapatkan piala bergilir Prawara Eksha Nalin Syandana.

“Saya bersyukur atas prestasi ini. Semua berkat kerja keras tim robot PENS, para pembimbing serta dukungan dari civitas akademika PENS,” kata Direktur PENS Zainal Arief, Sabtu, 4 Juni 2016.

Divisi perlombaan Robot ABU merupakan divisi paling bergengsi karena memiliki jenjang kompetisi hingga tingkat internasional. Setelah mengalahkan tim Robot IR-LAND dari Politeknik Negeri Jember dalam waktu hanya 24 detik, PENS berhak mewakili Indonesia dalam Kontes Robot ABU Robocon di Thailand pada Agustus 2016 mendatang.

Meski berhasil mengembalikan prestasi KRAI, namun PENS harus melepas gelar juara bertahan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) kategori robot berkaki yang diraih selama 5 kali berturut-turut. Tim EROS harus puas berada di posisi kedua setelah ditundukkan BARELANGFC dari Politeknik Negeri Batam dengan skor 3:0.

Robot EROS berusia 5 tahun, dan sudah tua untuk ukuran robot, sehingga performanya menurun dan sudah tidak seprima dulu, kata Ketua Juri divisi KRSBI Endra Pitowarno. Untuk divisi Kontes Robot Pemadam Api Beroda, Tim EFFIRO dari PENS berhasil menempati posisi pertama, disusul oleh Tim Al-Jazari dari ITS, dan Tim Sakera dari Universitas Trunojoyo Bangkalan.

Sedangkan untuk divisi Kontes Robot Pemadam Api Berkaki ditempati oleh Tim DOME dari Universitas Muhammadiyah Malang di posisi pertama, diikuti oleh Tim Al-Fatih dari UGM dan EILERO dari PENS. PENS juga memenangi juara pertama divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia melalui tim ERISA dan divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Beroda melalui tim EFFIRO.

Untuk divisi Eksibisi Robot Sepak Bola Indonesia, tim SUTERA WHEELS dari Universitas Negeri Semarang memboyong juara pertama. Sedangkan tim DOME dari Universitas Negeri Malang berhasil meraih juara pertama divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia kategori robot berkaki.

Rangkaian acara Kontes Robot Indonesia 2016 dimulai sejak Rabu, 1 Juni lalu dengan penyelenggaraan Simposium Robot Sepak Bola ke-4 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kontes robot sendiri dihelat selama dua hari, pada tanggal 3-4 Juni 2016. ARTIKA RACHMI FARMITA

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!