Cara Pintar Atur Anggaran Rumah Tangga

redaksi.co.id - Cara Pintar Atur Anggaran Rumah Tangga Rumah tangga adalah landasan awal saat keluarga yang bahagia akan tercipta, dan ibu rumah tangga sebagai ujung...

26 0

redaksi.co.id – Cara Pintar Atur Anggaran Rumah Tangga

Rumah tangga adalah landasan awal saat keluarga yang bahagia akan tercipta, dan ibu rumah tangga sebagai ujung tombak dalam rumah tangga sangatlah penting peranannya selain sebagai pendidik pertama seorang anak dan juga penjaga keharmonisan rumah tangga.

Ibu rumah tangga juga haruslah pintar-pintarmengatur keuangan agar keuangan dalam rumah tangga anda tetap terjaga dan lancar untuk rencana masa depan yang telah anda rencanakan jauh-jauh hari.

Banyak hal yang merusak dalam hal rumah tangga yang berawal dari pengelolaan anggaran rumah tangga yang buruk dan kurang baik, maka dari itu sebisa mungkin hal-hal seperti itu hendaknya dihindari.

Beberapa hal dapat dilakukan agar budget rumah tangga Anda tetap terjaga dan tetap sesuai dengan rencana anda nantinya.

Anda pun mungkin dapat saja terus terusan menambah jumlah pemasukan anda, tetapi hal itu akan terasa percuma apabila pengeluaran anda terus saja meningkat seiring dengan pemasukan Anda.

Karena itu perencanaan matang soal anggaran rumah tangga sangatlah dibutuhkan. Hal itulah yang nanti akan membuat Anda selamat dalam mengatur keuangan. Berikut cara pintar mengatur budget rumah tangga Anda

1. Persiapkan Mental dan Niat Anda

Mental dan niat sangatlah diperlukan untuk hal mengatur anggaran rumah tangga, kenapa? Karena tanpa niat dan mental yang kuat anda akan sering goyah untuk berhemat dan tergoda untuk menggunakan anggaran yang awalnya sudah disediakan untuk hal lain yang lebih penting kadar prioritasnya. Karena itu kuatkan niat dan mental anda untuk berhemat.

2. Belanjakan Budget Anda Dengan Bijak dan Teratur

Anda sebagai pemegang anggaran keuangan keluarga haruslah bijak dalam membelanjakan anggaran rumah tangga Anda. Tetaplah bertahan dengan rencana awal anda ketika akan berbelanja.

Jangan mudah terganggu oleh benda benda lain yang mungkin prioritasnya ada di urutan bawah tetapi anda jadi membelinya gara gara tergiur harganya ataupun berbagai promo lain padahal anda tidak membutuhkannya. Berbelanjalah dengan tepat sasaran.

3. Jangan Lupa Untuk Menabung

Menabung adalah kewajiban pasangan yang sudah berumah tangga. Selain karena untuk mempersiapkan keuangan untuk keadaan yang darurat, tabungan juga dapat digunakan untuk masa depan anak anak anda kelak.

Tabungan juga merupakan jaminan bagi hari tua anda nanti apabila anda di hari tua sudah tidak kuat untuk melakukan pekerjaan yang berat maka tabungan dapat anda gunakan untuk membuka warung kecil-kecilan untuk menambah penghasilan anda tanpa harus terlalu lelah dalam pengerjaannya. Anda pun dapat mengandalkan tabungan untuk menutupi anggaran yang kurang di masa mendatang.

4. Jangan Terlalu Bergantung Pada Gaji Anda

Gaji Anda maupun pasangan akan tetap terasa kurang walaupun sudah naik terus, apabila gaya hidup pun terus meningkat seiring dengan gaji anda.

Karena itu kendalikan gaya hidup jangan kalap apabila melihat suatu barang. Berusaha berhematlah meskipun anda sedang memegang uang dalam jumlah yang banyak. Jangan sering tergoda dengan barang barang yang tidak terlalu anda butuhkan tetapi anda inginkan.

5. Hentikan Kebiasaan yang Merugikan Anda

Kebiasaan kebiasaan yang merugikan anda sebisa mungkin dikurangi atau jikalau Anda bisa hentikanlah kebiasaan itu, seperti contohnya merokok. Merokok tidak hanya akan mengganggu kesehatan anda tetapi juga orang dari di sekitar anda.

Dampak keuangan pun akan terasa bagi para perokok berat karena setiap hari dia dapat menghabiskan satu bungkus rokok yang berharga sekitar Rp 12.000 dan hal ini akan sangat menguras kantong anda.

Apabila Anda dapat menghentikan kebiasaan ini mungkin ada dapat menabung lebih banyak daripada sebelum anda berhenti merokok.

6. Ajarkan Anak Untuk Belajar Berhemat Juga

Ajarkan anak anda untuk selalu berhemat juga dan jangan boros terhadap uang jajannya. Pantau jajanan apa yang anak anda beli di sekolahnya jangan biarkan anak anda jajan sembarangan selain akan membuang uangnya hal itu juga dapat menggangu kesehatan buah hati anda karena biasanya jajanan yang sembarangan tidak terjamin kebersihannya.

HEMAT

Berhemat dan mengatur keuangan adalah kunci agar hidup anda selalu berkecukupan dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah anda miliki sekarang ini. Dengan melakukan kedua hal tersebut, Anda bisa mengatur budget keuangan rumah tangga Anda dengan lebih baik dan juga lebih tertata. (Ahm/Ndw)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!