Laporan Pertandingan: Brasil 0-0 Ekuador

92

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Brasil 0-0 Ekuador

Brasil gagal menunjukkan kelasnya dan haruspuas berbagi satu angka setelah ditahan imbang Ekuador 0-0 di laga perdana Copa America Centenario Grup B, Minggu (5/6) pagi WIB.

Bermain di Rose Bowl Stadium, Pasadena, California, Ekuador berusaha mengontrol jalannya pertandingan sejak menit awal. Dalam hal ini mereka berani menahan dan memainkan bola lebih lama, namun Brasil memiliki peluang terlebih dahulu lewat usaha Philippe Coutinho yang masih bisa dibendung kiper Esteban Dreer.

Meski Ekuador mencoba menahan Brasil, juara dunia lima kali itu justru menikmati penguasaan bola dengan unggul 61 persen berbanding 39 persen di babak pertama, tapi hal tersebut tidak membuat mereka memiliki banyak peluang berarti sebagaimana upaya Coutinho merupakan satu-satunya ancaman nyata di sepanjang 45 menit pertama.

Tidak adanya Neymar di skuat arahan Dunga membuat lini penyerangan Brasil terlihat tumpul, dan hal tersebut memaksa sang pelatih memasukkan wonderkid Gabriel Barbosa dengan menarik keluar Jonas Goncalves yang awalnya diplot sebagai penyerang tunggal saat laga memasuki dua menit setelah satu jam.

Dirasa serangan timnya kurang menggigit, Dunga kemudian memasukkan Lucas Moura dengan menarik keluar Willian yang dipertandingan ini tampak mobile, dan winger Paris Saint-Germain itu nyaris memecah kebuntuan andai sundulannya menyambut umpan rekan setimnya di menit ke-84 tidak melebar dari gawang.

Dengan menit-menit tersisa, Brasil mengupayakan sebuah gol selagi lawannya berniat menjaga skor imbang. Adapun hingga wasit Julio Bascunan meniupkan peluit panjang, tidak ada gol yang tercipta sebagaimana kedua tim harus puas berbagi satu poin.

Berkat hasil imbang ini, Brasil untuk sementara menempati urutan kedua di klasemen Grup B dan Ekuador berdiri satu tingkat di bawahnya dengan perolehan poin sama.

Posisi puncak menjadi milik Peru, yang di pertandingan awal sukses membekuk Haiti dengan skor tipis 1-0 lewat kreasi penyerang gaek Jose Paulo Guerrero.

Setelah ini, Brasil akan mengalihkan fokus untuk laga kedua menghadapi Haiti pada 9 Juni, sementara Ekuador bakal berhadapan dengan Peru di tanggal yang sama.

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Gil, Filipe Luis; Casemiro; Willian (Moura 76), Elias (Lucas Lima 86′), Renato Augusto, Coutinho; Jonas (Gabriel 62).

Ekuador: Dreer; Paredes, Mina, Achiller, W. Ayovi; Noboa, Gruezo; A. Valencia, Bolanos (Gaibor 91′), Montero (Martinez 81); E. Valencia (J. Ayovi 81).

(red/ega/wi/riesta/VDA)

loading...

Comments

comments!