Perusahaan RI Jadi Pemasok Kertas Alquran di Dunia

96

redaksi.co.id – Perusahaan RI Jadi Pemasok Kertas Alquran di Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan kualitas bubur kertas (pulp) dan kertas produksi Indonesia? Negara ini menjadi produsen terkemuka untuk industri tersebut. Menariknya lagi, Indonesia merupakan pemasok utama kertas yang dipakai untuk mencetak dan memproduksi Alquran yang beredar di dunia.

Salah satunya kertas yang berasal dari produksi perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) – Sinar Mas. Public Relation APP – Sinar Mas Armadi dalam sebuah kesempatan mengungkapkan, kertas bahan baku Alquran di seluruh dunia telah menggunakan produksi dari perusahaannya.

“KertasAlquran yang beredar di seluruh dunia menggunakan kertas kami. Ada lebih dari 125 negara yang telah memesan bahan baku kertas dari kami,” ucap Armadi saat berbincang dengan Liputan6.com di Riau, baru-baru ini.

Lebih jauh katanya, negara-negara pengimpor kertas untuk Alquran meliputi seluruh negara Asia Tenggara, Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya. Negara tersebut memesan kertas dari APP – Sinar Mas, untuk dicetak menjadi sebuah Alquran di negaranya masing-masing.

Meski mengaku tidak hapal dengan jumlah impor kertas sebagai bahan baku produksi Alquran, kataArmadi, negara-negara itu sangat menggemari produk kertas buatan Indonesia, terutama APP – Sinar Mas karena memiliki keunggulan.

“Jumlah (ekspor kertas Alquran) tidak hapal, tapi kelebihan kertas kami kan karena sudah tersertifikasi halal, terkenal akan kekuatan seratnya, dan kecerahan kertasnya,” ujar Armadi.

Selain memenuhi permintaan luar negeri, katanya, APP Sinar Mas juga menggunakan produksi kertas Alquran untuk program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility / CSR) perusahaan, yakni bantuan atau wakaf Alquran setiap tahunnya.

“Kami pakai kertas itu juga untuk program internal kami, wakaf Alquran. Kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan percetakannya di daerah Jawa,” ujar Armadi.

Sekadar informasi, APP – Sinar Mas menargetkan wakaf 100 ribu Alquran di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini. Sementara belum lama ini, perusahaan telah mewakafkan 1.000 Alquran ke Pondok Pesantren Aulia Cendekia, Palembang.(Fik/Nrm)

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!