Ada Dugaan Permainan Harga Pangan di Tingkat Distributor

redaksi.co.id - Ada Dugaan Permainan Harga Pangan di Tingkat Distributor Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf menduga kenaikan harga komoditas pangan di Bulan Ramadhan...

22 0

redaksi.co.id – Ada Dugaan Permainan Harga Pangan di Tingkat Distributor

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf menduga kenaikan harga komoditas pangan di Bulan Ramadhan atau jelang Idul Fitri karena ada distributor yang memainkan harga.

“Berarti ini persoalannya di tengah-tengah itu. Di distribusinya. Ini memang jadi pekerjaan beratnya Pemerintah,” ujar Syarkawi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Syarkawi mengambil contoh harga daging ayam yang naik di daerah Jambi. Sejumlah pedagang di pasar mengaku harga naik saat mereka membeli dari distributor.

Padahal, kata Syarkawi, harga seekor ayam dari peternak ke distributor tidak ada kenaikan.

“di Jambi harga memang naik untuk ayam, tapi kenaikan itu kita tanya kenapa, apakah permintaan memang bertambah atau nggak, waktu itu permintaannya nggak nambah, tapi pedagang naikkan harga. Kenapa? Tapi di level pekernak, harga nggak naik,” ucap Syarkawi.

Soal bawang merah, Syarkawi mengaku heran harga naik, padahal di sejumlah lokasi, seperti di Nganjuk, bawang merah sedang panen.

“Tren yang sama juga di bawang merah, bawang merah di Nganjuk lagi panen, harga bawang turun tapi di pasar kok malah jauh lebih mahal dibanding di sana. Ini berarti rantai distribusi yang harus di ini,” tutur Syarkawi.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!