Ini Bukti Benda Bersejarah di Magelang Berasal dari Dinasti Syailendra

redaksi.co.id - Ini Bukti Benda Bersejarah di Magelang Berasal dari Dinasti Syailendra Peneliti dari Merapi Cultural Institue (MCI) Hrb Binawan meyakini bahwa benda-benda bersejarah yang ditemukan...

53 0

redaksi.co.id – Ini Bukti Benda Bersejarah di Magelang Berasal dari Dinasti Syailendra

Peneliti dari Merapi Cultural Institue (MCI) Hrb Binawan meyakini bahwa benda-benda bersejarah yang ditemukan di Magelang, Jawa Tengah pekan lalu berasal dari Medhang Metriam.

Medhang Metriam merupakan sebuah kerajaan besar di masa kekuasaan Dinasti Syailendra. Keyakinan tersebut berdasarkan kecocokan benda-benda dengan corak kehidupan di masa tersebut.

“Mencermati penemuan pekan lalu maka dugaan sementara benda-benda tersebut berasal dari Medhang Metriam masa kekuasaan Dinasti Syailendra, yang mana pada masa itu kerajinan batu gencar digalakkan,” ujar Binawan dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (7/6).

Dia menyebut raja-raja di masa Dinasti Syailendra mendirikan candi-candi. Di masa itu, mereka menyimpan abu raja atau bangsawan di candi tersebut.

Di dekat candi juga biasa ditemukan tempat pemandian sebagai bagian dari sarana ritual keagamaan. Sementara itu, kandang kuda mengindikasikan sarana transportasi yang digunakan sekaligus level ekonomi para peziarahnya.

“Secara kebetulan, penemuan tersebut di wilayah Tamansari, Desa Kalibening, tempat pemandian bangsawan yang bening kalinya,” kata Binawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu telah ditemukan lumpang, gandik, yoni, relief kosong dan patung di Dusun Gendungan, Desa Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah oleh petani setempat secara tidak sengaja.

Binawan menyebut, ini merupakan sebuah penemuan bersejarah yang akan menguak genealogi masyarakat Jawa yang kini tinggal di sekitar lokasi.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!