Wanita Kulit Hitam ini Terpilih Menjadi Miss USA 2016

redaksi.co.id - Wanita Kulit Hitam ini Terpilih Menjadi Miss USA 2016 Menjadi seorang abdi Negara sebut saja tentara, sangat jauh berbeda bagi mereka yang memimpikan untuk...

40 0

redaksi.co.id – Wanita Kulit Hitam ini Terpilih Menjadi Miss USA 2016

Menjadi seorang abdi Negara sebut saja tentara, sangat jauh berbeda bagi mereka yang memimpikan untuk menjadi seorang wanita yang menjadi panutan dan menginspirasi banyak orang, apalagi dalam ajang bergengsi pemilihan wanita cantik seperti Miss USA. Namun ini yang ditunjukkan wanita berkulit hitam asal Washington D.C.

Meskipun berprofesi sebagai tentara wanita, Deshauna Barber berhasil menyingkirkan dua kontestan lainnya Miss Hawaii dan Miss Georgia. Pada Minggu (5/6) malam, Deshauna menangis haru ketika namanya disebutkan sebagai pemenang Miss USA 2016 bertempat di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Dilahirkan di Columbus, Georgia, tapi ia seringkali hidup nomaden mulai dari North Carolina, Nebraska, Minnesota, Virginia, hingga Washington D.C karena ayahnya seorang tentara.

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikannya di manajemen bisnis dari Universitas Virginia State, Deshauna akhirnya menetap di Washington D.C. Karena memiliki ayah yang berprofesi sebagai tentara ia akhirnya juga ingin mengabdikan diri untuk Negara hingga masuk sebagai anggota militer Amerika Serikat.

Selain bekerja sebagai ahli IT di U.S. Department of Commerce, wanita 26 tahun ini juga bertugas sebagai Logistics Commander untuk 988th Quartermaster Detachment Unit di Fort Meade, Maryland.

Dalam situs resmi Miss USA 2016 dituliskan jika Deshauna memiliki peran untuk membantu tentara Amerika Serikat baik yang wanita maupun pria. Namun fokusnya adalah pada perawatan post-traumatic stress disorder untuk tentara yang sudah selesai bertugas dari medan perang dan mencegah terjadinya bunuh diri pada tentara.

Dilansir dari ABC News, wanita berkulit hitam ini berhasil mencuri perhatian juri atas kecerdasannya ketika diberikan pertanyaan tentang peran wanita dalam dunia militer. “Sebagai seorang wanita yang bertugas menjadi tentara Amerika Serikat, aku pikirkami sama kuatnya dengan pria. Sebagai seorang komandan unit, aku kuat dan berdedikasi. Gender tidak membatasi kami di Amerika Serikat,” ujarnya.

Deshauna terpilih sebagai Miss USA 2016 menggantikan pemenang sebelumnya yaitu Olivia Jordan. Dua finalis yang berhasil dikalahkannya adalah Miss Hawaii Chelsea Hardin dan Miss Georgia Emanii Davis. Saat Olivia menyematkan mahkota kemenangan ke kepalanya, Barber tampak tak kuasa menahan tangis.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!