Mata Punya Kekuatan Membunuh Kuman

108

redaksi.co.id – Mata Punya Kekuatan Membunuh Kuman

Bila berbicara soal kekuatan tubuh membunuh kuman, mata adalah juaranya. Temuan ilmuwan University of California di Berkeley ini dapat mengarah kepada pembuatan obat antimikrob baru dan murah.

Hasil riset mereka menunjukkan protein dalam mata dapat membantu menjauhkan bakteri patogen. Tim ilmuwan yang fokus meneliti soal mata menemukan bahwa ada bagian kecil protein keratin dalam mata yang memainkan peran kunci dalam mengusir bakteri. Peneliti menggunakan versi sintetis dari fragmen keratin tersebut guna menguji beragam bakteri patogen.

Molekul sintetis itu efektif membunuh bakteri penyebab penyakit pemakan daging dan radang tenggorokan ( Streptococcus pyogenes ), diare (E scherichia coli ), infeksi staph ( Staphylococcus aureus ), dan infeksi cystic fibrosis paru-paru ( Pseudomonas aeruginosa ).

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation ini dapat mengungkap sumber senjata baru dalam memerangi bakteri penyebab penyakit. Fragmen keratin ini relatif mudah dibuat sehingga berpotensi sebagai obat murah. “Yang menarik, keratin ini sudah ada dalam tubuh kita sehingga pasti tidak beracun dan bersifat biocompatible,” kata peneliti utama studi itu, Suzanne Fleiszig, dosen mikrobiologi dan penyakit menular di School of Optometry UC Berkeley.

“Molekul antimikrob alami, yang diidentifikasi dalam riset sebelumnya, ternyata toxic atau mudah dinon-aktifkan oleh konsentrasi garam dalam tubuh kita.” Protein kecil yang ditemukan tim ilmuwan ini adalah turunan dari cytokeratin 6A, salah satu protein filamen yang saling berhubungan dan membentuk jejaring di seluruh sitoplasma sel epitel.

“Dulu kami menduga cytokeratin hanyalah protein struktural, tapi studi kami memperlihatkan bahwa fragmen keratin ini juga memiliki kemampuan memerangi mikrob,” kata Connie Tam, anggota tim peneliti. JOURNAL OF CLINICAL INVESTIGATION | AMRI MAHBUB

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!