AS: Jet Tempur Cina Terbang Terlalu Dekat

63

redaksi.co.id – AS: Jet Tempur Cina Terbang Terlalu Dekat

Komando Pasifik AS mengonfirmasi insiden pencegatan jet oleh Cina dalam pernyataan, Rabu (8/6). Jet tempur Cina melakukan pencegatan membahayakan pada pesawat mata-mata AS yang sedang melakukan patroli rutin pada Selasa (7/6).

Menurut pernyataan, insiden terjadi di wilayah udara internasional yang berada di atas Laut Cina Timur. Pencegatan melibatkan jet tempur J-10 Cina dan pesawat mata-mata Air Force RC-135 AS.

“Salah satu pencegatan oleh jet Cina telah mendekat dengan terlalu berlebihan pada pesawat RC-135,” kata pernyataan.

Penilaian asal menyebutkan kasus ini sebagai penerbangan yang tidak benar. Komando Pasifik tidak menyebut seberapa dekat jet Cina dengan pesawat AS. Lebih lanjut mereka mengatakan Departemen Pertahanan sudah menyampaikan masalah ini pada Cina melalui jalur diplomatik dan militer.

Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan Cina belum merespons.

Insiden kali ini bukan merupakan yang pertama di Laut Cina Timur. Pada Mei, Pentagon mengatakan dua jet tempur Cina terbang sedekat 15 meter dari pesawat EP-3 milik AS di Laut Cina Selatan.

Pentagon mengatakan insiden tersebut melanggar perjanjian dua pemerintah yang disepakati tahun lalu. Washington menuduh Beijing memiliterisasi Laut Cina Selatan setelah membuat pulau buatan.

(red/iti/mi/anik/SUH)

loading...

Comments

comments!