Katak Ini Punya Cakar seperti Wolverine X-Men

redaksi.co.id - Katak Ini Punya Cakar seperti Wolverine X-Men Sejenis katak langka yang ditemukan di Jepang ternyata memiliki senjata seperti tokoh Wolverine dalam film X-Men ....

8 0

redaksi.co.id – Katak Ini Punya Cakar seperti Wolverine X-Men

Sejenis katak langka yang ditemukan di Jepang ternyata memiliki senjata seperti tokoh Wolverine dalam film X-Men . Taji runcing yang keluar dari jempolnya itu digunakan untuk berkelahi dan kawin. Katak Otton ( Babina subaspera ) itu ditemukan di Kepulauan Amami, selatan Jepang. Berbeda dengan katak lain yang berjari empat, Otton mempunyai struktur tambahan pada kakinya, seperti yang dimiliki katak Hypsiboas rosenbergi dari Amerika Latin.

“Kenapa ‘jari kelima’ ini ada pada beberapa spesies masih merupakan misteri evolusi, tapi struktur ekstra Otton itu sebenarnya jempol semu,” kata Dr Noriko Iwai dari Universitas Tokyo. “Taji itu dapat keluar dari kulit. Studi lapangan menunjukkan taji tersebut digunakan untuk bertempur dan kawin.”

Meski katak jantan dan betina sama-sama memiliki kuku tajam itu, hanya katak jantan yang memanfaatkannya. “Ibu jari” katak jantan memang lebih besar daripada betina. Iwai yakin taji itu berkembang sebagai cara bagi katak jantan untuk berpegangan pada betina saat kawin.

Kuku itu juga digunakan dalam pertarungan di antara katak jantan untuk memperebutkan betina sampai membangun sarang. “Katak jantan menunjukkan respons menusuk dengan jari itu ketika mereka diangkat,” ujarnya.

“Banyaknya bekas luka di punggung katak jantan membuktikan kuku itu digunakan saat bertarung.” Teknik pertarungan katak Otton agak rumit, mirip dengan pertandingan gulat yang berlangsung lama yang diselingi dengan gerakan menusukkan taji ke punggung lawan. Mereka juga harus berhati-hati agar tidak menusuk diri sendiri dalam pergulatan itu. LIVE SCIENCE | AMRI MAHBUB

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!