Peluang AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tergantung Pemilu

redaksi.co.id - Peluang AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tergantung Pemilu Presiden Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (AS) Sunil Gulati memandang hasil pemilihan Presiden AS pada...

14 0

redaksi.co.id – Peluang AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tergantung Pemilu

Presiden Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (AS) Sunil Gulati memandang hasil pemilihan Presiden AS pada November 2016 berpotensi mengurangi peluang negaranya menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Saya pikir persepsi dunia terhadap AS dipengaruhi oleh siapa yang berada di Gedung Putih, ya, sehingga memiliki beberapa hubungan, tentu saja,” kata Sunil Gulati dalam sebuah diskusi bersama wartawan, seperti dilansir dari ESPN.

Gulati memprediksi bahwa memenangkan tuan rumah Piala Dunia jadi lebih sulit jika calon presiden dari Partai Republik Donald Trump menjadi pemenang pemilu, terutama jika AS membidik menjadi tuan rumah bersama Meksiko.

Hal itu disebabkan Trump pernah berjanji untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan dengan Meksiko yang memicu kemarahan orang Latin di AS dan di tempat lain.

“Saya pikir jika Piala Dunia diselenggarakan bersama dengan Meksiko akan lebih sulit jika Clinton tidak berada di Gedung Putih,” lanjut Gulati.

Meskipun Presiden AS berikutnya tidak akan menjabat saat gelaran Piala Dunia 2026, namun pengajuan tuan rumah akan diputuskan pada tahun 2020 atau saat presiden hasil pemilu 2016 masih menjabat.

Sunil Gulati mengatakan jika Donald Trump terpilih maka pengajuan tuan rumah Piala Dunia bersama Meksiko akan menjadi rumit.

“Rusia dan Qatar menjadi tuan rumah dua event, jadi ada banyak pertimbangan saat penawaran, tentu saja,” kata Gulati.

“Itu sebabnya saya tidak mau mengatakan kami tidak akan menawar dalam satu hal dan akan mengajukan tawaran lain.”

Amerika Serikat berada di posisi kedua perburuan tuan rumah Piala Dunia 2022. AS kalah dari Qatar di tengah kasus suap dan korupsi yang dihadapi komite eksekutif FIFA.

Untuk itu, Gulati mengatakan AS tidak akan mengajukan tawaran resmi sampai persyaratan tertentu untuk menjadi tuan rumah disebutkan FIFA.

“Akan menyenangkan menjadi tuan rumah Piala Dunia di AS untuk masa depan? Jawabannya tentu saja iya,” kata Gulati.

“Tapi kami hanya akan melakukannya jika kami memiliki pemahaman yang jelas bahwa ada satu paket aturan dan satu paket aturan yang transparan. Lalu kami akan membuat keputusan.”

Melihat infrastruktur dan jumlah stadion yang sudah sesuai, AS bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia. Namun, Gulati tidak menutup kemungkinan Piala Dunia AS akan diselenggarakan bersama dengan Meksiko atau Kanada.

“Kami mampu menjadi tuan rumah di AS, tapi kami tidak menutup adanya skenario alternatif,” kata Gulati. ANTARA

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!