Messi Menangkan Sidang Fitnah Dirinya Oleh Media Argentina

redaksi.co.id - Messi Menangkan Sidang Fitnah Dirinya Oleh Media Argentina Lionel Messi akhirnya memenangkan sidang fitnah yang dilakukan oleh Media Argentina, La Razon. Hakim pengadilan di...

21 0

redaksi.co.id – Messi Menangkan Sidang Fitnah Dirinya Oleh Media Argentina

Lionel Messi akhirnya memenangkan sidang fitnah yang dilakukan oleh Media Argentina, La Razon. Hakim pengadilan di Barcelona menganggap tulisan jurnalis Alfonso Ussia keluar dari batasan kritik yang dikenal dalam dunia jurnalistik.

Tulisan yang dimaksud adalah artikel yang ditulis Ussia saat Argentina dikalahkan Jerman pada laga final Piala Dunia 2014. Ussia habis-habisan menghujat Messi dengan menyarankannya menggunakan rambut palsu hingga menuding bintang Barcelona itu menggunakan doping.

Meskipun dalam persidangan Ussia mengakui bahwa artikel itu bukanlah sebuah berita melainkan sebuah opini, hakim tetap berpendapat bahwa Ussia telah melanggar prinsip etika jurnalistik yang harus mendasarkan semuanya pada fakta dan data.

Dalam putusan itu, hakim menilai sebagian dari artikel yang ditulis Ussia tak perlu dan penuh dengan opini si penulis. Artikel itu juga dinilai menghina baik nama baik Messi di muka publik.

Sebagai hukuman, La Razon dan Ussia diharuskan membayar denda senilai 65 ribu euro kepada Messi. Messi sendiri menyatakan bahwa uang denda itu akan diberikannya kepada lembaga sosial Medecins sans Frontieres. AS|FEBRIYAN

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!