Positif Doping, Sharapova Dapat Skorsing 2 Tahun

78

redaksi.co.id – Positif Doping, Sharapova Dapat Skorsing 2 Tahun

Federasi Tenis Internasional (ITF) mengetok palu menjatuhkan vonis dua tahun kepada petenis cantik MariaSharapovakarena skandal doping. Dengan keputusan tersebut, Sharapovamengajukan banding.

Hukuman tersebut dijatuhkan kepada Sharapovapada Rabu (8/6/2016) waktu setempat. ITFmengeluarkan keputusan tersebut tiga bulan setelah mantan peraih lima gelar GrandSlamitu itu gagal tes dopingdi Australia Open 2016.

Hukuman ini lebih ringan dari ancaman semula di manaSharapovadilarang berkecimpung di tenis selama 4 tahun.

Sejak dinyatakan positif doping, seluruh kegiatan di lapangan tenisSharapovadinon-aktifkan.

“Komite Independen yang dibentuk berdasarkan Pasal 8.1 Program Anti-Dopingdalam Tenis menemukan fakta, Sharapovamelanggar aturan anti-doping. Sebagai konsekuensi, Sharapovadidiskualifikasi dari Turnamen Australia Terbuka dan sanksi larangan bermain selama dua tahun yang berlaku sejak 26 Januari 2016.” Demikian pernyataan ITF.

Petenis berambut pirang ini diketahui mengonsumsiMeldoniumyang sudah dikonsumsi sejak 2006 dengan alasan kesehatan. Namun obat tersebut resmi dilarang penggunannyauntuk atlet per 1 Januari 2016 dari Badan Anti-Dopingdunia (WADA). Meldoniumobat untuk penyakit jantung

Merespon vonis ITF, petenis 29 tahun ini naik banding. “Keputusan ini sangat sulit dan saya tidak bisa menerimanya,” ucap Sharapovasebagaimana dilansir dari BBCSport mengutip akunmedia sosial Facebook.

Sharapovamenambahkan, dengan skorsing dua tahun, Komisi Disiplin ITFtelah menyimpulkan, langkahmengonsumsi Meldoniumbentukketidaksengajaan.

“ITFmeminta pengadilan memberikan vonis untuk saya selama empat tahun–skorsing untuk pelanggaran yang disengaja–dan pengadilan menolak tuntutan ITF.”

Dia berniat untuk mempertahankan kebenaran dan akan melawan balik agar secepatnya bisa kembali tampil ke lapangan tenis secepat mungkin.

“Sayatelah melewatkan banyak pertandingan dan tidak lagi mendapatkan dukungan fansyang luar biasa. Ini hari-hari yang sulit.”

(red/atno/wi/anto/RDS)

loading...

Comments

comments!