Manusia Pernah Menelan 7 Benda Ini

98

redaksi.co.id – Manusia Pernah Menelan 7 Benda Ini

Tentu bukan ide bagus menelan sesuatu yang bukan makanan atau obat. Tapi beberapa dokter telah melihat kasus-kasus orang menelan sesuatu yang tak seharusnya. Mulai dari peralatan rumah tangga hingga gawai. Berikut 7 benda yang pernah ditelan manusia:

1. Korek api

Sebuah korek api ditemukan di perut seorang pria di Kroasia. Benda tersebut diketahui telah ada di sana selama 17 bulan. Pria tersebut mengaku sengaja menelan korek api saat diperiksa di kantor polisi tentang penyelendupuan obat. Ia membungkus korek tersebut dengan kertas kaca sehingga racun kimia di dalamnya tak terlihat. Dokter berhasil mengambil korek api dari perutnya menggunakan alat medis seperti benang, dan menariknya melalui tenggorokan.

2. Gigi palsu

Pria berusia 55 tahun di India tak sengaja menelan gigi palsunya saat tidur. Ia tak menyadarinya hingga delapan hari kemudian pergi ke dokter untuk mengeluh sakit dada dan sulit menelan. Pemindaian dengan sinar x menunjukkan gigi palsunya menyangkut di tenggorokan. Dokter kemudian mengeluarkan gigi palsu tanpa operasi.

3. Alat fitness tracker

Remaja berusia 13 tahun di Korea Selatan tak sengaja menelan alat pengukur kebugaran yang ia taruh di mulut saat berenang. Setalah menunggu 30 jam, benda tersebut meluncur dengan sendirinya ke perut remaja tersebut. Dokter kemudian menarik benda tersebut dengan alat medis seperti benang plastik.

4. Telepon selular

Narapidana berusia 29 tahun di Irlandia harus dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat setelah menelan sebuah telepon selular. Pemindaian sinar x menunjukkan telepon selular tersebut ada di perut si terpidana. Untuk mengeluarkannya, dokter harus mengoperasi perutnya. Soalnya, dokter tak bisa menarik telepon tersebut tanpa merusak tenggorokannya.

5. Liontin Spongebob Squarepants

Dokter kaget bukan main saat ada tokoh kartun Spongebob Squarepants memandangnya dari tenggorokan anak laki-laki berusia 16 bulan yang tengah diperiksa. Rupanya si pasien menelan liontin kakaknya yang berbentuk tokoh kartun berwarna kuning tersebut. Dokter lalu mengeluarkan liontin tersebut tanpa komplikasi yang berarti.

6. Sikat gigi

Wanita berusia 18 tahun langsung pergi ke dokter setelah tak sengaja menelan sikat gigi. Kepada dokter, ia mengaku tengah menggunakan sikat gigi untuk memancingnya muntah, tapi malah tertelan. Dokter kemudian mengeluarkan sikat gigi sepanjang 8 inchi menggunakan alat medis berupa benang. Sang pasien kemudian pulang 6 jam kemudian.

7. Instrumen perawatan gigi

Anak laki-laki berusia 4 tahun di India tak sengaja menelan alat perawatan gigi berupa pro taper file. Pro taper file berbentuk obeng kecil. Ia tak sengaja menelannya karena kepalanya bergerak tiba-tiba saat menjalani perawatan akar gigi. Karena si anak tak kesakitan, maka dokter harus menunggu apakah benda tersebut meluncur dengan sendirinya ke saluran pencernaan. Setelah menunggu selama 41 jam, benda tersebut keluar dengan sendirinya melalui saluran pencernaan. LIVE SCIENCE | TRI ARTINING PUTRI

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!