Pengamat: Lion Air Seharusnya Perbaiki Layanan, Bukan Laporkan Kemenhub ke Bareskrim

redaksi.co.id - Pengamat: Lion Air Seharusnya Perbaiki Layanan, Bukan Laporkan Kemenhub ke Bareskrim Pemberian saksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Lion Air seharusnya diterima untuk memperbaiki...

10 0

redaksi.co.id – Pengamat: Lion Air Seharusnya Perbaiki Layanan, Bukan Laporkan Kemenhub ke Bareskrim

Pemberian saksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Lion Air seharusnya diterima untuk memperbaiki layanan bukan malah melaporkan Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo ke Bareskrim Polri.

Pengamat transportasi, Agus Pambagio menyayangkan sikap maskapai Lion Air yang melaporkan Suprasetyo ke Bareskrim Polri, karena pemerintah mengeluarkan sebuah sanksi tersebut berdasarkan aturan yang berlaku.

Sebab negara ini mempunyai aturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak.

“Saya melihatnya ini sebuah keanehan. Pertama ini masalah perdata kok lapornya ke Bareskrim. Yang kedua sebagai operator, Lion Air harus patuh dengan semua ketentuan yang ditetapkan oleh regulator, Kemenhub. Dan seharusnya Lion Air memperbaiki layanan dengan sanksi yang dijatuhkan tersebut bukan malah mengajukan gugatan, kan semua tau kalau dalam hal ini Lion Air salah,” kata Agus yang dihubungi, Rabu (8/6/2016).

Untuk kepolisian, ia meyakini aparat hukum tersebut akan bekerja dengan profesional dan nantinya akan menyatakan kalau pada kasus ini tidak terdapat unsur pidana dan meminta Lion Air mematuhi aturan yang berlaku agar layanan terhadap penumpang menjadi lebih baik.

Agus juga menyarankan Kemenhub dalam hal ini Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo menghadapi pemanggilan pihak Bareskrim tersebut, karena hal ini merupakan tugas dari kepolisian jika ada yang melakukan pengadunan. Namun nanti dijelaskan kepada pihak kepolisian bahwa yang pemerintah lakukan sesuai dengan aturan yang ada.

“Dihadapi aja pemanggilan itu tak usah dihindari toh dalam hal ini Kemenhub dalam pihak yang benar kok. Nanti dijelaskan saja semuanya bahwa pemberian sanksi tersebut bertujuan kebaikan masyarakat dan Lion Air seharusnya berbenah diri dengan ini semua,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, Bareskrim Polri akan memanggil Suprasetyo terkait laporan Lion Group mengenai pembekuan rute perjalanan baru selama enam bulan untuk PT Lion Mentari Airlines.

Suprasetyo dilaporkan Lion Group melalui kuasa hukumnya, Harrais Arthur Hedar dengan dugaan penyalahgunaan wewenang. Rencananya, pemanggilan akan dilakukan pekan ini atau pekan depan.

Selama penyelidikan, Bareskrim Polri telah memeriksa 17 orang yang terdiri dari pihak Lion Group dan para ahli.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!