Amankan Wilayah Laut RI, Rizal Ramli Gandeng Yunani

redaksi.co.id - Amankan Wilayah Laut RI, Rizal Ramli Gandeng Yunani Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya sedang menjajaki peluang kerja sama di sektorkeamanan laut dengan...

8 0

redaksi.co.id – Amankan Wilayah Laut RI, Rizal Ramli Gandeng Yunani

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya sedang menjajaki peluang kerja sama di sektorkeamanan laut dengan Yunani. Kerja sama tersebut tercetus saat Menteri Koordinator Bidang kemaritiman RizalRamlimenadakankunjungan kerja ke negara tersebut pada awal pekan ini.

RizalRamli mengatakan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya telah mendiskusikan kerja sama tersebut dengan para pejabat keamanan laut Yunani dan sejumlah pihak terkait.

Sejumlah pejabat dan pelaku ekonomi yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Inspektur Jenderal Hellenic Coast Guard Admiral Antonius Vidalis, Prof Costas Moutzaouris dari National Technology Univeristy of Athens,Eval Marine Centre Georgius Fratzezos, dan editor majalah Shipping Finance Petros Diplas.

Menurut Rizal, kerja sama di bidang keamanan laut itu penting mengingat lebih dari dua pertiga wilayah Indonesia terdiri atas lautan. Kerja sama itu dinilai bukan hanya menyangkut sisi keamanan dan kedaulatan, tapi juga dari sisi ekonomi.

“Tiap tahun ikan kita dicuri. Kerugiannya sekitar 20 miliar dolar AS per tahun. Kita sudah ambil sejumlah langkah untuk menghentikan hal ini,” katanya seperttidikutip dari keterangan tertulis, Jumat (10/6/2016).

Tidak hanya itu, tambah RizalRamli, Indonesia juga bisa belajar dari Yunani yang penjaga pantainya sudah sangat terkenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

“Kita bisa belajar tentang pengembangan kapasitas sumber daya manusia, teknologi keamanan laut, saling tukar informasi, dan lainnya,” katanya.

Selain menjajaki peluang kerja sama di bidang keamanan laut, dalam kesempatan yang sama juga dibahas peluang kerja sama lainnya di bidang kemaritiman seperti perkapalan dan pariwisata.

Menurut Rizal, meski telah banyak terobosan yang dilakukan pemerintah Indonesia atas perizinan kapal layar dan kapal pesiar, masih banyak pelajaran yang bisa diambil dari Yunani yang sektor pariwisatanya menjadi sumber utama penerimaan negara tersebut.

“Yunani dikenal sebagai negara dengan bisnis maritim dan perkapalan yang tangguh. Saya kira, Indonesia bisa bekerja sama dan belajar dari Yunani,” ujarnya.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!