Sambut Piala Eropa, Konser di Menara Eiffel Banjir Peminat

redaksi.co.id - Sambut Piala Eropa, Konser di Menara Eiffel Banjir Peminat Prancis memulai Piala Eropa 2016 dengan menggelar konser besar di Menara Eiffel, Kamis, 9 Juni....

20 0

redaksi.co.id – Sambut Piala Eropa, Konser di Menara Eiffel Banjir Peminat

Prancis memulai Piala Eropa 2016 dengan menggelar konser besar di Menara Eiffel, Kamis, 9 Juni. Dalam acara itu Presiden Prancis, Francois Hollande, berjanji gelaran sepak bola akbar itu akan berlangsung mulus meski banyak terjadi demonstrasi dan ketakutan atas serangan teroris.

Keamanan sangat ketat saat David Guetta, DJ asal Prancis yang lagunya terpilih sebagai lagu resmi Piala Eropa, tampil di hadapan 80.000 penonton di ikon wisata dan arsitektur paling terkenal di Paris tersebut.

Pesta tersebut digelar sehari sebelum pertandingan perdana antara Prancis dan Rumania yang akan digelar di Stade de France, salah satu target serangan ISIS yang menewaskan 130 orang pada November lalu. Pemerintah memastikan kejuaraan bergengsi Eropa itu berjalan tanpa hambatan, namun proses menjelang gelaran tersebut diwarnai oleh serangkaian demonstrasi terkait reformasi undang-undang buruh yang kontroversial.

Saat ratusan ribu orang mulai memadati ibu kota untuk menonton pertandingan, demonstrasi pekerja kereta api memasuki hari kesembilannya dan berkantong-kantong sampah rumah tangga menumpuk di jalan-jalan Paris.

Pekerja kereta api mengancam berdemonstrasi baru, Jumat, yang akan mengganggu transportasi ke Stade de France. Hollande mengingatkan bahwa pemerintah siap untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menyediakan akomodasi dan transportasi bagi penonton, menegaskan bahwa layanan publik akan tersedia.

“Saya akan sangat memperhatikan besok, dan jika perlu diambil tindakan, maka akan ada tindakan. Seluruh Eropa akan menyaksikan (Prancis),” ujar Hollande, Kamis waktu Prancis.

Sedangkan untuk menjaga keamanan, sekitar 90.000 polisi dan petugas keamanan diturunkan untuk mengamankan Euro 2016. Sebagai bukti keseriusan akan keamanan, para penggemar Guetta bahkan harus melewati dua pemeriksaan keamanan sebelum memasuki area konser.

Dua hari lalu seorang pemuda Prancis ditangkap agen intelijen Ukraina karena diketahui membeli ratusan kilogram TNT, lima senapan serbu, peluncur granat, dan benda-benda militer lain. ANTARA

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!