Masjid Syiah Suriah Disasar Dua Ledakan Bom, 20 Orang Tewas

redaksi.co.id - Masjid Syiah Suriah Disasar Dua Ledakan Bom, 20 Orang Tewas Sebuah masjid Syiah di Suriah disasar dua ledakan bom, yang menewaskan 20 orang pada...

13 0

redaksi.co.id – Masjid Syiah Suriah Disasar Dua Ledakan Bom, 20 Orang Tewas

Sebuah masjid Syiah di Suriah disasar dua ledakan bom, yang menewaskan 20 orang pada Sabtu (11/6/2016) waktu setempat.

Masjid Sayyida Zeinab di sebelah selatan Damaskus, Suriah, itu diledakkan oleh aksi bom bunuh diri dan sebuah bom yang dipasang pada sebuah mobil.

Ledakan terjadi tempat di pintu masuk menuju masjid suci yang dihormati oleh muslim Syiah di seluruh dunia itu.

Dari hasil dokumentasi yang beredar, terlihat sejumlah bangunan dan kendaraan terbakar, serta korban berserakan di jalan.

Sebelumnya, Syrian Observatory for Human Rights melaporkan 12 orang tewas, sebelum kemudian dinyatakan 20 orang meninggal dunia atas itu.

Kelompok ISIS telah mengklaim serangan tersebut melalui badan pemberitaannya, Aamaq, yang menyebutkan ada tiga orang militan yang terlibat.

“Dua orang mengenakan sabuk peledak, sedangkan seorang lainnya yang mengendari mobil yang dipasangi bom,” demikian pernyataan Aamaq.

Padahal, masjid itu dijaga ketat oleh pasukan pro-pemerintahan Suriah, namun masih saja menjadi sasaran empuk kelompok militan seperti ISIS.

Masjid tersebut diketahui berisi makam cucu Nabi Muhammad, Zainab, yang berciri khas memiliki kubah berwarna emas yang berkilauan.

Tiap tahun, masjid tersebut dikunjungi ribuan jemaah Syiah.

Sebelumnya, masjid itu pernah juga diserang pada 25 April, yang menewaskan sekitar tujuh orang dan melukai puluhan orang. (The Guardian/AFP).

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!