Pembantaian di Florida: Ulah Pendukung ISIS atau Gay yang Kecewa?

redaksi.co.id - Pembantaian di Florida: Ulah Pendukung ISIS atau Gay yang Kecewa? Pendukung ISIS disebut-sebut ada dibalik aksi pembantaian disebuah kelab Gay di Florida, Amerika Serikat,...

31 0

redaksi.co.id – Pembantaian di Florida: Ulah Pendukung ISIS atau Gay yang Kecewa?

Pendukung ISIS disebut-sebut ada dibalik aksi pembantaian disebuah kelab Gay di Florida, Amerika Serikat, Ahad dini hari.

Seorang pria bersenjata ini menewaskan 50 orang dan melukai 53 lainnya di sebuah kelab malam kaum gay, Pulse, di Orlando, Florida. Pria tersebut kemudian ditembak mati oleh polisi, kata pihak berwenang.

Insiden itu memakan korban paling banyak dalam sejarah kasus penembakan massal di Amerika. Si penembak diidentifikasi sebagai Omar S. Mateen

Seorang pejabat tinggi FBI menyatakan bahwa ada kemungkinan pelaku penembakan condong memiliki keterkaitan dengan kelompok militan ISIS.

Para pejabat menggolongkan serangan itu sebagai “insiden terorisme” . Nmaun demikian dugaan keterkaitan dengan ISIS memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

“Apakah kami menganggap aksi ini sebagai terorisme? Tentu saja,kami sedang menyelidiki pandangan semua pihak bahwa ini aksi terorisme,” kata Danny Banks, agen khusus yang mengurusi Departemen Penegakan Hukum Florida.

Ketika ditanya apakah FBI menduga bahwa si penembak kemungkinan berkaitan dengan Islam garis keras, termasuk menjadi simpatisan ISIS, Ronald Haper dari FBI mengatakan kepada para wartawan, “Kami memang punya dugaan bahwa orang tersebut (tersangka penembak) condong memiliki ideologi yang mengarah ke situ. Tapi saat kini kami tidak bisa mengatakannya secara pasti.”

FBI mengatakan pihaknya masih berupaya memastikan apakah penembakan massal itu merupakan kejahatan berdasarkan kebencian terhadap kaum gay ataukah aksi teroris.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!