Vincent Kompany Hina Lagu Kebangsaan Irlandia Utara?

250

redaksi.co.id – Vincent Kompany Hina Lagu Kebangsaan Irlandia Utara?

Kompany bingung seperti apa lagu kebangsaan dinyanyikan jika Irlandia Utara bertemu dengan Inggris di satu pertandingan.

Kapten Manchester City Vincent Kompany tidak jelas apakah bergurau atau menghina dengan memosting sebuah tweet tentang lagu kebangsaan Inggris dan Irlandia Utara.

Komentar Kompany itu berkaitan dengan pertandingan antaraPolandia dan Irlandia di Grup C Euro 2016 di Nice, Minggu (12/6) malam WIB. Gol tunggal Arkadiusz Milik memastikan kemenangan untuk Polandia. Sementara itu, Green and White Army berstatus sebagai debutan di kompetisi ini.

“Jika Inggris menghadapi Irlandia Utara, apakah kita akan mendengarkan lagu kebangsaan yang sama dua kali? Apakah mereka akan bernyanyi bersama…dua kali? Saya bingung,” demikian tulis Kompany di akun resmi Twitter-nya dua menit setelah kick-off pertandingan antara Polandia kontra Irlandia Utara.

Komentar Kompany itu seakan membuka kembali sejarah hubungan antara Britania Raya dan Irlandia.

Hubungan antara Inggris atau Britania Raya dan Irlandia tidak lepas dari Perang Kemerdekaan Irlandia atau Perang Anglo-Irlandia. Perang ini dimulai pada Januari 1919 dengan dideklarasikannya kemerdekaan Republik Irlandia.

Perang yang dilancarkan Irish Republican Army ini sebagai perang gerilya terhadap penjajahan Britania Raya di bumi Irlandia. Pada Juli 1921, terjadi gencatan senjata dengan ditandai Perjanjian Anglo-Irlandia, sebagai akhir dari kekuasaan Britania Raya di sana.

Namun, Irlandia Utara memutuskan sebagai negara yang memilih bergabung dengan konstituen Britania Raya, memisahkan diri dengan Irlandia Selatan, yang memilih menjadi Republik Irlandia.

Lagu kebangsaan Irlandia Utara adalah sama dengan Inggris, yakni “God Save the Queen”. Kedua tim memang tidak berada di satu grup di Euro 2016, Inggris di Grup B dan Irlandia Utara di Grup C, namun tidak tertutup kemungkinan keduanya bisa bertemu di fase knock-out.

Salah satu pemain sepakbola Irlandia Utara yang sangat terkenal di Inggris adalah George Best, gelandang serang yang menjadi andalan Manchester United pada periode 1963 hingga 1974.

Sementara itu, Kompany harus absen memperkuat timnas Belgia di Euro 2016 akibat cedera.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!