7 Barang Ini Ternyata Bikin Anda Jadi Boros

redaksi.co.id - 7 Barang Ini Ternyata Bikin Anda Jadi Boros Berbagaikebutuhan hidup tentu akan semakin tinggi setiap harinya, dan anda akan membutuhkan sejumlah biaya yang besar...

25 0

redaksi.co.id – 7 Barang Ini Ternyata Bikin Anda Jadi Boros

Berbagaikebutuhan hidup tentu akan semakin tinggi setiap harinya, dan anda akan membutuhkan sejumlah biaya yang besar untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

Tentu bukan sebuah perkara mudah bagi Anda untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan hidup dan sekaligus menabung serta berinvestasi dalam waktu bersamaan. Hanya mereka yang pintar dalam mengelola keuangan saja yang dapat melakukannya dengan baik.

Ada banyak hal di dalam kehidupan sehari-hari yang membuat Anda melakukan pemborosan, dan seringkali hal ini justru terjadi tanpa disadari.

Namun pada kenyataannya, pemborosan yang dilakukan ini bisa saja berpengaruh besar pada keuangan, terutama jika Anda sering melakukannya.

Sebagian besar orang akan beranggapan hal-hal seperti ini hanyalah sejumlah kecil dari uang yang dimilikinya, dan tentu saja hal ini tidak akan membuatnya jatuh miskin.

Namun jika diakumulasikan jumlahuang yang Anda habiskan pada hal-hal yang tidak penting, ini bisa cukup besar dan menguras kantong secara tetap setiap bulan.

Beberapa poin di bawah ini adalah jenis pemborosan yang seringkali dilakukan, bahkan tanpa disadari

1. Air Minum Kemasan

Anda pasti setuju jika dikatakan hidup kita sepanjang hari akan membutuhkan asupan air mineral, jumlahnya rata-rata tiga liter per hari. Jika Anda membeli air minum dalam botol kemasan setiap harinya, tentu ini akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang cukup besar.

Jika diakumulasikan dalam satu bulan, maka jumlah ini bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan ribu rupiah. Sebagai solusi, membeli sebuah filter air bisa menjadi pertimbangan untuk menghemat pengeluaran air minum. Harga sebuah filter air tidak begitu mahal, dan Anda bisa menggunakannya untuk menjernihkan air keran dan menghemat banyak uang setiap bulannya.

2. Cartridge Tinta Printer

Pemborosan lainnya yang sering dilakukan adalah menggunakan cartridge baru setiap kali printer kehabisan tinta.

Jumlah ini terbilang cukup banyak, sebab harga sebuah cartridge baru bisa saja mencapai ratusan ribu rupiah. Solusinya, cartridge yang lama sebaiknya diisi ulang saja. Sebab harga tinta isi ulang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga sebuah cartridge dalam kondisi baru.

3. Langganan Majalah dan TV Kabel

Berlangganan majalah di rumah, bukanlah sebuah hal tepat untuk dilakukan. Saat ini hampir semua majalah bisa diakses secara gratis melalui jaringan internet. Jika anda hobi menonton film, bukan berarti harus berlangganan TV kabel.

Ini sangat tidak efektif dan akan menghabiskan uang ratusan ribu Rupiah setiap bulannya. Ada banyak channel yang bisa diakses secara online, bahkan untuk saluran film sekalipun.

4. Membeli Buku

Ada banyak orang yang menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli buku dan membacanya sekali saja. Meski sangat hobi membaca, namun hal seperti ini bukanlah pilihan yang tepat. Sebagai solusi, anda bisa men-download banyak buku dan menggunakan e-reader untuk membacanya. Ini akan menghemat banyak uang, dan sekaligus menghemat banyak penggunaan kertas.

5. Barang Bermerek dan Mahal

Banyak orang yang menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk membeli sebuah tas bermerek, sayangnya tas tersebut akan jarang dipakai karena si pemilik akan sangat khawatir jika barang tersebut rusak atau cacat.

Jadi, buat apa beli barang bermerek kalau tidak dipakai? Mulai bijak dalam berbelanja dan memilih berbagai barang kebutuhan, kualitas dan manfaat yang seharusnya diutamakan ketika berbelanja, bukan mereknya.

6. Video Game

Bermain game online dan menghabiskan ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah setiap bulannya. Jangan memaksakan diri untuk bermain game dan bersikap seolah-olah Anda ini adalah seorang gamer sejati.

Berhenti dan menjauhlah dari video game. Ini mungkin tidak akan mudah untuk dilakukan, terutama jika anda telah kecanduan permainan ini. Namun, selalu ada kemungkinan untuk berubah, terutama jika anda benar-benar berniat untuk memperbaiki keuangan.

7. Membeli Berbagai Produk Keluaran Terbaru

Mengikuti tren, itulah yang biasanya dikatakan ketika seseorang melakukan hal ini. Namun apakah Anda harus selalu mengikuti perkembangan tren dengan membeli semua produk terbaru yang beredar di pasaran?

Tentu tidak, sebagai contoh, jika masih memiliki ponsel yang bagus dan bisa digunakan dengan baik, untuk apa memaksakan diri membeli produk serupa yang hanya beda seri dan sedikit fitur tambahan di dalamnya? Jadi, jangan buang uang Anda untuk keperluan seperti ini. (Ahm/Ndw)

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!