Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Karl Landsteiner?

redaksi.co.id - Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Karl Landsteiner? Google memperingati kelahiran Karl Landsteiner dengan menjadikan tokoh ini sebagai Google Doodle, Selasa 14 Juni 2016....

34 0

redaksi.co.id – Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Karl Landsteiner?

Google memperingati kelahiran Karl Landsteiner dengan menjadikan tokoh ini sebagai Google Doodle, Selasa 14 Juni 2016. Ilmuwan asal Austria ini, dikenal dengan penemuannya dalam mengklasifikasi golongan darah manusia menjadi golongan A,B, AB, dan O, yang berpengaruh dalam dunia kedokteran saat ini.

Landteiner, oleh Google, dijadikan sebagai tokoh yang terpampang di halaman depan Google. Dalam halaman pembuka tersebut, terpampang wajah Landstainer mengenakan jas praktikum putih memegang notepad di tangannya.

Di sampingnya terdapat mikroskop yang disandingkan dengan bulatan golongan darah A, B, AB, dan O yang berada di atas tabung reaksi. Tepat 14 Juni 2016, Landstainer merayakan 148 tahun kelahirannya.

Nama Landstainer tidak sepopuler karyanya dalam klasifikasi penggolongan darah yang ditemukan pada 1900. Penemuan ini menyelamatkan jutaan nyawa orang di seluruh dunia. Penemuan Landstainer ini tidak hanya membuka jalan untuk mempraktekkan transfusi darah pertama kali dan berhasil pada 1907.

Penemuan laki-laki kelahiran 1868 ini juga menyebabkan beberapa kemajuan dalam pengobatan, terapi, dan bedah dalam dunia kedokteran. Bersama Erwin Popper juga berhasilkan menemukan virus polio. Penemuan mereka membuka perkembangan pengobatan untuk penyakit yang memengaruhi jutaan anak di seluruh dunia.

Alhasil, Landstainer menerima beberapa penghargaan terkait penemuan besar dan kontribusi yang luar. Landstainer berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Di antaranya adalah Prize Aronson pada 1926, Penghargaan Nobel dalam Fisiologi dan Kedokteran pada 1930 dan Lasker Award pada tahun 1946. Karl Landsteiner juga diakui sebagai Bapak Kedokteran Transfusi. NOBELPRIZE.ORG | INDIA.COM | ARKHELAUS W.

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!