Kali Pertama, AS Kerahkan Helikopter Apache untuk Serang ISIS

redaksi.co.id - Kali Pertama, AS Kerahkan Helikopter Apache untuk Serang ISIS Untuk kali pertama, Amerika Serikat (AS) melibatkan helikopter Apache dalam perang melawan kelompok teroris ISIS...

32 0

redaksi.co.id – Kali Pertama, AS Kerahkan Helikopter Apache untuk Serang ISIS

Untuk kali pertama, Amerika Serikat (AS) melibatkan helikopter Apache dalam perang melawan kelompok teroris ISIS di Irak.

Pentagon mengatakan, serangan rudal helikopter serbu itu menghancurkan bom mobil ISIS di dekat Qayyarah, sekitar 80 kilometer di selatan Mosul — kawasan yang disebut menjadi benteng utama ISIS di Irak.

“Pemerintah Irak telah menyetujui penggunaan Apache untuk memperkuat dukungan terhadap operasi pasukan keamanan Irak (ISF),” ujar Juru bicara Kementerian Pertahanan AS, Christopher Sherwood seperti dilansir Daily Mail, Selasa (14/6/2016).

“Serangan itu telah diperiksa dan disetujui melalui proses yang sama yang dilakukan dalam serangan lainnya oleh koalisi pimpinan AS,” imbuh Sherwood.

Menurut Pentangon, saat serangan terjadi dua Apache mengudara bersama. Satu di antara mereka melepaskan tembakan yang mengenai mobil baja yang dipasangi bom oleh ISIS. Hingga saat ini belum didapat informasi mengenai korban tewas dalam serangan tersebut.

Kepala Pentangon Ashton Carter mengatakan, sejak Desember tahun lalu AS telah menegaskan kepada Pemerintah Irak terkait keinginan mereka untuk menggunakan Apache demi mendukung pasukan keamanan setempat. Helikopter Apache ini hanya akan digunakan dalam operasi di Mosul — tidak di tempat lainnya di Irak.

Pemerintah Irak awalnya sempat menolak sebelum akhirnya serangan itu benar-benar terjadi. Alasan penolakan itu adalah Perdana Menteri Haider al-Abadi tidak ingin hal itu membuat marah kelompok milisi Syiah yang sejak lama menuntut perampingan postur militer AS di Irak.

Sejak Agustus 2014, pihak koalisi yang dipimpin AS telah melakukan serangan udara dengan melibatkan pesawat tempur dan drone untuk menyerang ISIS di Irak dan Suriah. Namun Apache sendiri belum pernah diterjunkan.

Serangan yang dilancarkan di kawasan Qayyarah ini bertujuan untuk merebut kembali Mosul setelah dikuasai ISIS pada Juni 2014 lalu. Di Falluja, pasukan Irak juga tengah berperang melawan ISIS — di mana kelompok itu menjadikan warga sebagai perisai

Helikopter Apache adalah kendaraan tempur yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi cuaca. Apache juga bisa membawa kombinasi persenjataan lain seperti AGM-114 Hellfire dan pod roket Hydra 70 empat tenggekan pada pilon pangkal sayap.

Apache adalah jenis helikopter serbu yang digunakan oleh Angkatan Darat AS — pengganti generasi sebelumnya, AH-1 Cobra. Helikopter ini diterjunkan dalam sejumlah operasi AS, sebut saja perang Panama 1989, Perang Teluk, Afghanistan, dan Irak.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!