Trik Jokowi Percepat Proyek Kawasan Ekonomi Sorong

69

redaksi.co.id – Trik Jokowi Percepat Proyek Kawasan Ekonomi Sorong

Presiden JokoWidodo(Jokowi) ingin agar Indonesia bagian timur bisa tumbuh secepat daerah lain. Oleh karena itu, pemerintah terus mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sorong, Papua. Saat ini, tahapan yang sedang dilalui untuk mengembangkan kawasan Sorong adalahpenyiapan lahan oleh pemerintah provinsi Papua Barat.

“Untuk membangun tanah Papua tak cuma memperkuat konektivitas seperti membangun jalan, jembatan, bandara dan pelabuhan tapi juga harus menciptakan kawasan industri dan pusat pertumbuhan ekonomi,” ujar Jokowi di Kantor Presiden,Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Tidak hanya soal lahan, Jokowi ingin pembangunan KEK ini nantinya terintegrasi dengan pembangunan tol laut di Papua agar memberi nilai lebih ke masyarakat.

“Untuk itu, saya minta semuanya benar-benar disiapkan.Tol laut nantinya terintegrasi dengan pusat produksi di Papua,” imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menyampaikan pemerintah siap memberikan insentif fiskalbagi KEK Sorong, demi menarik investasi dari pihak swasta. Ada 3 fokus yang ingin dibangun di kawasan tersebut, yakni Industri agroindustri, pusat logistik dan perikanan.

“Industri pertanian dan diolah supaya yang diekspor itu bukan bahan mentah, tapi bahan setengah jadi atau barang jadi. Sebagai pusat logistik supaya bisa juga menservis kegiatan pertambangan di daerah sekitarnya, juga industri perikanan,” jelas Rizal.

Sementara, Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy menambahkan Jokowi memberikan tenggat waktu dua minggu baginya untuk membereskan masalah pembebasan lahan.

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!