Puluhan Mortir Ditemukan di Bukit Galundi Sumbar

redaksi.co.id - Puluhan Mortir Ditemukan di Bukit Galundi Sumbar Tiga puluh dua mortir yang ditemukan di Bukit Galundi, Kecamatan Ranah Pesisir, Sumatra Barat, Rabu (15/6) sore....

22 0

redaksi.co.id – Puluhan Mortir Ditemukan di Bukit Galundi Sumbar

Tiga puluh dua mortir yang ditemukan di Bukit Galundi, Kecamatan Ranah Pesisir, Sumatra Barat, Rabu (15/6) sore. Puluhan mortir itu kini telah dievakuasi ke Gudang Amunisi Laboratorium Kota Bukit Tinggi.

“Mortir-mortir itu telah kami evakuasi dan prosesnya berlangsung aman, ke depan kami ingatkan untuk tetap waspada,” kata Dandim 0311/Pesisir Selatan, Letkol (Inf) Setiya Asmara melalui Komandan Unit Intel, Kodim 0311/Pesisir Selatan, Serma Rusdi Antoni di Painan, Kamis (16/6).

Penemuan mortir tersebut awal mulanya diketahui peladang setempat bernama Anto (30 tahun). Ia mengaku tengah membersihkan rumput liar di ladangnya. Tidak beberapa lama membersihkan rumput liar pihaknya menemukan benda sejenis mortir yang berkarat.

“Saya tidak bisa memastikan apakah itu mortir atau bukan, karena takut meledak saya segera melaporkannya ke anggota Kepolisian dan TNI di kecamatan,” kata dia.

Mendapat laporan itu, jajaran Koramil02/Ranah Pesisir dan jajaran Polsek Ranah Pesisir segera menyisir lokasi. Setelah melakukan penyisiran hingga tiga jam lebih akhirnya tim menemukan 32 buah mortir.

Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pesisir Selatan pun mengimbau warga untuk segera melapor, apabila menemukan mortir dan bahan peledak sejenis guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. “Harus cepat ditangani karena apabila salah penanganan bisa membahayakan,” kata dia.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!