Bartek Ostalowski, Pembalap Tanpa Tangan dari Polandia

66

redaksi.co.id – Bartek Ostalowski, Pembalap Tanpa Tangan dari Polandia

Tidak memiliki tangan tak menghentikan hasrat Bartek Ostalowski terhadap dunia balap. Pembalap drift asal Polandia ini malah menginspirasi dengan terus menggeluti dunia yang dicintainya tersebut.

Otsalowski menderita kecelakaan parah 10 tahun lalu tepatnya Agustus 2006. Saat itu, Ostalowski sedang mengendarai motor baru dan hendak bertamasya bersama teman-temannya.

Naas, Bartek mengalami kecelakaan saat hendak menuju tempat teman-temannya tersebut. Kecelakaan parah itu membuatnya kehilangan tangan setelah diamputasi.

Ostalowski sempat mengurung diri lantaran depresi kehilangan tangannya. Peristiwa yang menimpa Ostalowski itu mengundang rasa prihatin dari masyarakat sekitar. Mereka kemudian mengumpulkan dana bantuan bagi Ostalowski.

Setelah bebeberapa bulan mengurung diri, Ostalowski perlahan memulai hidupnya yang baru. Meski tanpa tangan, Ostalowski lalu bertekad mewujudkan mimpinya menjadi pembalap. Lewat kreativitas, dirinya memodifikasi bagian stir dan persneling mobil demi memenuhi hasratnya itu.

Melansir The Sun, Ostalowski mengubah bagian stir dan persneling mobil. Bagian stir dia ubah sedemikian rupa agar dia bisa menyetir dengan kaki kiri. Gagang persneling pun dia tinggikan agar bisa mengganti gigi mobil dengan bahu. Kaki kanan dia gunakan untuk menginjak pedal gas.

Usaha keras Ostalowski itu tak sia-sia. Setelah tiga tahun berlatih, Ostalowski menjadi orang pertama tanpa tangan yang mendapatkan lisensi membalap internasional.

Pada 2011, Ostalowski membuat prestasi mencengangkan dengan menjuarai balapan Polish Cup. Tapi balapan paling berkesan adalah saat dia membalap di Hungaria. “Balapan di Hungaria disaksikan 10 ribu orang. Itu adalah acara otomotif yang besar,” kata Bartek.

Karier Bartek di dunia otomotif tak berhenti di situ. Dengan mobil Nissan R34 Skyline yang telah dimodifikasi, Ostalowski tampil di Liga drifting Polandia. Dan kini, Ostalowski berkompetisi di liga drifting Eropa.

(red/vit/idayat/AH)

loading...

Comments

comments!