Laporan Pertandingan: Portugal 1-1 Islandia

redaksi.co.id - Laporan Pertandingan: Portugal 1-1 Islandia Portugal tampil dominan, tapi Islandia berhasil membendung Ronaldo dkk untuk mengklaim satu poin di laga perdana mereka.Islandia berhasil membendung...

52 0

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Portugal 1-1 Islandia

Portugal tampil dominan, tapi Islandia berhasil membendung Ronaldo dkk untuk mengklaim satu poin di laga perdana mereka.

Islandia berhasil membendung ledakan Portugal dan bermain imbang1-1 dalam persaingan Grup F Euro 2016, Rabu (15/6) dini hari WIB, di Stade Geoffroy-Guichard. Seleccao berhasil unggul lebih dulu lewat gol Nani, tapi dibalas oleh Birkir Bjarnason di babak kedua.

Seperti sudah diprediksi, Nani dan Cristiano Ronaldo menjadi ujung tombak Portugal, tapi Fernando Santos cenderung memainkan formasi 4-1-2-1-2. Sementara itu, Islandia menampilkan formasi4-4-2 datar dengan Gylfi Sigurdsson sebagai kreator utama.

Di menit awal pertandingan, Portugal justru kalah rapi dengan Islandia. Negara dengan jumlah penduduk terkecil di Euro 2016 itu tampil disiplin saat bertahan dan menekan, ditambah efektivitas menggunakan kedua sayap. Sigurdsson bahkan mendapat kesempatan emas ketika berhasil lolos dari kawalan Vierinha, tapi dua tembakan beruntunnya mampu ditepis Rui Patricio.

Mesin Portugal baru panas setelah pertandingan melewati menit ke-15. Hal tersebut ditegaskan dengan peluang emas yang diciptakan oleh Ronaldo. Bomber Real Madrid itu melepaskan umpan silang kekotak penalti dan Nani yang lolos dari kawalan berhasil menanduknya. Ternyata Hannes Halldrsson mampu menggagalkan peluang itu dengan kakinya.

Portugal akhirnya tak terbendung lagi di menit ke-31. Umpan satu-dua antara Andre Gomes dan Vierinha berhasil memperdaya sektor kiri pertahanan Islandia. Gomes pun berhasil melepaskan umpan mendatar ke kotak penalti dan sekali lagi Nani lolos dari kawalan.Winger Fenerbahce itu langsung menyambut bola dan mengirimnya ketiang dekat, membawa Seleccao unggul satu gol.

Permainan Portugal semakin meningkat dari menit ke menit, tapi Islandia tak mau kalah. Sesekali mereka mengirimkan serangan balik,walau harus terhenti di kaki Pepe dan Ricardo Carvalho. Islandia gagal menyamakan kedudukan hingga jeda turun minum.

Portugal berhasil mengukuhkan dominasinya di paruh kedua dan Ronaldo berhasil mendapatkan peluang walau sepakannya masih melebar. Adapun Islandia mencuri peluang dan mencetak gol cepat,tak sampai lima menit setelah babak kedua dimulai. Umpan silang Johann Berg Gudmundsson berhasil disambung dengan sepakan voli Birkir Bjarnason dan Patricio tak berdaya menghalaunya.

Kebobolan, Portugal mulai panik. Seleccao melakukan rentetan serangan gegabah sementara Islandia bertahan dengan rapi. Beberapa sepakan jarak jauh pun dilepaskan, tapi tak satu jua yang mengancam. Satu peluang emas sebenarnya tercipta lewat sepakan Gomes, tapi tembakannya mengarah tepat ke pelukan Halldorsson.

Tidak menunjukkan tanda-tanda perkembangan, Santos akhirnyamemakai kesempatan pergantian pemain. Renato Sanches masuk menggantikan Moutinho yang tampil kurang efektif di babak kedua. Gelandang 18 tahun itu langsung mengisi posisi jangkar di lini tengah Portugal.

Kehadiran Sanches memberikan angin segar bagi Portugal. Mereka mampu mengembalikan dominasi dan mulai kembali melahirkan peluang. Satu umpan kunci diberikan pada Ricardo Quaresma yang baru masuk menggantikan Joao Mario. Mantan pemain Internazionale itu langsung melepaskan tembakan dari jarak dekat, tapi Halldorsson yang tampil kokoh berhasil menepis bola keluar.

Portugal terus menghujani gawang Islandia dengan serangan. Satu yang terbaik lahir dari umpan silang Nani kepada Ronaldo. Adapun tandukan bintang Real Madrid itu lagi-lagi mampu dijangkau oleh Halldorsson. Penjaga gawang Islandia itu tampil gemilang dan berhasil meredam serangan Portugal hingga bubaran, mengklaim satupoin dalam pertandingan perdana negaranya di Euro.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!