Tak Dapat THR, Pekerja Bisa Lapor ke Posko Kemnaker

redaksi.co.id - Tak Dapat THR, Pekerja Bisa Lapor ke Posko Kemnaker Kementerian Ketenagakerjaan(Kemnaker) akan menyiapkan posko pengaduan untuk menampung keluhan pekerja terkait pembayarantunjangan hari raya (THR)....

29 0

redaksi.co.id – Tak Dapat THR, Pekerja Bisa Lapor ke Posko Kemnaker

Kementerian Ketenagakerjaan(Kemnaker) akan menyiapkan posko pengaduan untuk menampung keluhan pekerja terkait pembayarantunjangan hari raya (THR). Posko ini ditempatkan di kantor Kemnaker.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Haiyani Rumondang mengatakan, keberadaan posko ini bisa dimanfaatkan oleh pekerja atau serikat pekerja untuk melaporkan keterlambatan atau tidak adanya pembayaran THR di tempatnya bekerja.

“Nanti kita akan bentuk posko untuk itu,” ujar dia di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Selain lewat posko, pekerja juga bisa melakukan pengaduan secara online melalui website Kemnaker. Website ini dibuat untuk mewadahi keluhan pekerja yang berada di daerah.

“Bagi masyarakat yang tidak dapat melaporkan langsung ke posko akan ada pengaduan secara online,” kata dia.

Haiyani juga mengimbau kepada perusahaan atau pemberi kerja menjalankan kewajiban dengan membayarkanTHR kepada para pekerjanya. Jika tidak, ada sanksi yang telah disiapkan Kemnaker bagi perusahaan atau pemberi kerja tersebut.

“Kebijakan ini bukan hal yang baru tetapi sudah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya. Pengusaha nantinya akan dikenakan denda seperti sanksi administratif,” ujar dia. (Dny/Ahm)

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!