Strategi Menghadapi Tantangan Bisnis Masa Kini

255

redaksi.co.id – Strategi Menghadapi Tantangan Bisnis Masa Kini

Masih inget dong demo yang diprakarsai sebuah perusahaan taksi berpelat kuning yang terkenal dengan lambang burung biru 22 Maret lalu. Para supir taksi konvensional tersebut menuntut pemerintah ibukota untuk membekukan jasa transportasi online.

Loh, loh emang kenapa? Jasa transportasi online dengan plat hitam dinilai melanggar Undang-undang Lalu Lintas No. 2 Tahun 2009 tentang Angkutan Umum dan Jalan Raya.

Sebenarnya sih demo boleh kok, sayangnya kegiatan demo tersebut diisi dengan aksi kekerasan bro.

Dengan kata lain, taksi konvensional khawatir terhadap kompetitor yang naik daun dengan memaksimalkan teknologi.

Emang ya kalau sudah urusan mengisi perut, segala cara bakal jadi halal. Tantangan dalam berbisnis gak dimungkiri bisa bikin orang jadi kehilangan akal sehat. Padahal buat yang terjun di dunia bisnis, harus siap putar otak dan tahan banting dalam bersaing secara sehat.

Sebelum mulai, ini strategi menghadapi tantangan bisnis masa kini.

Bisnis kalau cuma modal nekat mah mendingan pikir-pikir deh bro. Ide bagus dan kerja keras emang modal buat memulai sebuah bisnis, tapi gak cukup loh. Siapin dulu konsep yang cetar membahana badai kayak bulu matanya Syahrini.

Jangan mentang-mentang ada modal langsung byur nyemplung kolam. Padahal gak tahu ternyata kolamnya dalam banget dan nafas kita gak cukup kuat. Tenggelam blubuk-blubuk yang ada. Mau cuma buka kedai bakso juga perlu konsep dong.

Sekecil apapun bisnismu, tetap harus memiliki konsep

Dari mulai tren warung bakso yang bisa menarik perhatian pembeli tuh yang kayak apa. Eksplorlagi hal-hal lain seperti daya beli, gaya hidup sampai ke persaingan bisnis.

Nah, setelah kamu udah nemuin dan ngerancang konsep bisnis, lanjutin sama yang namanya strategi bisnis. Strategi itu bisa dibilang langkah-langkah yang bakal kamu lakuin buat bikin bisnis berjalan dan syukur-syukur sih sukses.

Gak bisa males-malesan dan ngeremehin loh. Tetapin dulu strategi jangka pendek apa, sampai ke jangka panjang. Semisal perekrutan tenaga kerja, fokus produk sampai ke pemetaan segmentasi pasar yang bakal dituju.

Kalau emang bingung atau buta soal strategi bisnis yang pas buat bisnis kamu, browsing-browsing buat ngebuka wawasan. Atau manfaatin kenalan yang emang ngerti soal strategi bisnis yang paling pas untuk diterapkan sama bidang usaha kamu.

Punya produk atau layanan jasa yang berkualitas sudah pasti bakal bikin hati customer kepincut. Kalau jual spare part motor semisal, ya sediakan yang original, bukan yang KWapalagi abal-abal.

Jangan main-main deh soal kualitas, kalau gak mau pembeli atau pengguna jadi kapok dan berpaling ke saingan. Menjual sesuatu yang sesuai antara harga dan kualitas itu vital banget buat kelanggengan bisnis.

Bisnis yang itu-itu aja, cuma ngikutin dan gak kreatif jarang bisa sukses. Coba dorong daya kreatifitas berbisnis dong. Orang tuh seneng loh sama hal-hal baru, unik dan menarik.

Persaingan yang ganas jangan bikin patah arang, jadikan itu sebagai cambuk

Persaingan yang ganas trengginas seharusnya bikin kita jadi lebih inovatif. Kalau pun semisalnya usaha yang kamu rintis sudah ada gak apa-apa juga sih. Hanya saja harus bikin sesuatu yang bikin orang jadi ngeh kalau itu ciri khasmu.

Contoh, buka usaha warung mie ayam, yang kayak gini kan udah banyak tuh, nah bikin kreasi mie ayam dengan tambahan telor mata sapi misalnya. Atau bikin nama-nama varian mie ayam dan minuman yang lucu-lucu kayak mie ayam enak tenan.

Yang namanya bersaing perhatiin juga bro soal harga jual produk atau layanan jasa. Jangan sampai di atas harga pasar atau di bawah.

Research dulu, terjun ke lapangan cek harga yang standar buat bisnis kamu. Harga lebih murah emang cenderung dicari tapi jangan lantas nurunin kualitas ya. Kalau memang kualitas sepadan dengan harga yang dibanderol, gak masalah kok.

Jangan sampai kamu gak dapat untung atau bahkan merugi hanya karena salah kasih harga. Tapi jangan juga terlalu tinggi, sesuaikan sama apa yang kamu jual. Pembeli sekarang kritis-kritis loh, salah-salah bisa posting di sosmed nanti.

Zaman serba canggih, optimalkan dan jangan kudet mbaksis! Bikin produk kamu jadi dikenal seluas-luasnya. Promosi lewat semua media mulai dari yang namanya media sosial sampai bikin program promosi penting banget.

Semisal jual kue-kue, ya siapin aja modal buat bagi-bagi tester gratis di satu hari tertentu. Promosi lewat selebaran juga bisa kok. Gak perlu yang berwarna atau pakai bahan yang mahal.

Akun medsos memang ampuh banget buat menawarkan produk-produkmu, manfaatkan dong jangan gaptek

Bikin akun media sosial khusus buat usaha kamu dan rajin-rajin update di situ. Menu baru kek, detail produk juga bisa atau sekedar menyapa para followers.

Yang gak kalah penting pastinya soal pelayanan. Saat terjadi kesalahan dalam pengiriman misalnya, segera minta maaf dan beri kompensasi buat ambil hati pelanggan.

Ramah dan bersedia menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli atau pengguna jasa bisnismu juga gak boleh diabaikan. Jangan harap kalau kamu cuek dan jual mahal bakal narik banyak pelanggan.

Gak banget deh ya sebagai pengusaha kamu lalu menghalalkan segala cara untuk maju. Banyak kan berita-berita yang kita lihat di luar sana, bersaing dengan cara menjegal lawan bisnis. Mulai dari pergi ke mbah dukun sampai main curang.

Duh, udah gak bakalan berkah tuh usaha kalau dijalankan seperti itu. Demi kesuksesan bisnis sendiri ujung-ujungnya gak sedikit tuh yang akhirnya malah bangkrut bahkan berujung masuk hotel prodeo.

Punya jiwa besar, supportive dalam berbisnis itu salah satu kunci utama meraih sukses dalam bisnis.

Intinya sih kalau emang udah siap terjun berbisnis, ya kuatin mental kamu. Apapun bisa terjadi, gak akan semulus yang kamu bayangkan tapi bukan berarti gak ada solusi.

Kalau bisnis sudah mapan, kamu siap melangkah keluar dari zona nyaman

Jangan mudah menyerah apalagi sampai ngelakuin hal-hal yang seperti orang kehilangan akal sehat demi bikin bisnis sukses.

Majulah tanpa harus menjatuhkan orang lain, itu deh prinsipnya. Merintis bisnis pastinya bakal banyak aral melintang, tapi gak mau kan sampai berakhir di rumah sakit jiwa? So, selamat berusaha!

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!