Kemampuan Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo Sebatas Mitos?

124

redaksi.co.id – Kemampuan Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo Sebatas Mitos?

Selain mandul, kemampuan Ronaldo dalam mengeksekusi tendangan bebas ketika menghadapi Islandia mengundang perdebatan panjang.

Kapan terakhir kali Cristiano Ronaldo mampu mencetak gol bagi Portugal di sebuah turnamen besar melalui eksekusi tendangan bebas langsung?

Superstar Real Madrid itu punya kans melakukannya saat membuka kampanye Seleccao di Euro 2016 saat menghadapi Islandia di menit akhir dan berpotensi menjadi bintang kemenangan.

Namun, alih-alih mencatatkan namanya sebagai bintang lapangan, pemilik tiga trofi Ballon d’Or tersebut justru melancarkan eksekusi pertama menerpa agar hidup Islandia. Wasit menilai ada kejadian handball, tendangan bebas kembali dihadapi Ronaldo dari sisi lebih dekat ke gawang, akan tetapi kembali mengecewakan.

Catatan tersebut memperpanjang rekor Ronaldo yang kesulitan membobol gawang lawan di turnamen besar lewat tendangan bebas langsung. Statistik Opta mengungkapkan bahwa CR7 telah memiliki 34 kali kesempatan — 18 di Piala Dunia dan 16 di Euro — namun gagal mengonversikannya menjadi gol dalam total 28 laga.

Yang lebih mengkhawatirkan, dari jumlah tersebut hanya delapan kali percobaannya mengarah ke sasaran. Sementara sisanya, 13 kali mampu diblok pertahanan lawan dan 13 lainnya melesat jauh dari target.

Eksekusi tendangan bebas langsung terbanyak di turnamen besar (sejak 1978, hanya pemain Eropa):

34 (Gol 0) Cristiano Ronaldo

27 (0) Gheorghe Hagi

25 (2) Michel Platini

22 (0) Ronald Koeman

21 (2) Zinedine Zidane

18 (0) Wesley Sneijder

18 (0) Francesco Totti

17 (2) Hristo Stoichkov

17 (1) Fernando Hierro

16 (1) Sinisa Mihajlovic

(red/aini/J)

loading...

Comments

comments!