Keunggulan Fitur 0% Easy Payment Plan

96

redaksi.co.id – Keunggulan Fitur 0% Easy Payment Plan

Bagi sebagian besar orang, menggunakan kartu kredit bukan lagi sebuah hal yang mengkhawatirkan dan membuat mereka merasa takut akan sejumlah hutang yang menggunung di kemudian hari. Mereka yang dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, pasti bisa mendapatkan manfaat maksimal atas penggunaan uang plastik tersebut. Kartu kredit dapat memberikan banyak keuntungan, tentunya jika penggunaan dan pembayarannya dapat dilakukan dengan tepat.

Beragam fitur dan juga keunggulan dibenamkan di dalam kartu kredit, semua ini semata-mata untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai macam aktivitas keuangan mereka. Pada dasarnya bank penerbit tahu benar bagaimana caranya memanjakan nasabahnya, sehingga dengan berbagai upaya mereka juga akan membekali kartu kredit terbitan mereka dengan sejumlah keunggulan di dalamnya. Nasabah membutuhkan kenyamanan, dan kartu kredit dapat memberikan semua layanan itu dengan cepat.

Kartu Kredit viaforbes.com

Sudah bukan rahasia lagi jika bank penerbit kartu kredit berusaha berlomba-lomba untuk mendatangkan angka pengguna di dalam layanan mereka, hal ini bisa dilihat dengan beragam jenis kartu kredit yang beredar dan juga berbagai macam keunggulan di dalam kartu-kartu tersebut. Hal ini tentu membuat banyak sekali fitur serta penawaran menarik yang dapat dinikmati , salah satunya adalah 0% easy payment plan. Hampir semua bank penerbit kartu kredit memberikan fitur ini di dalam layanan mereka, namun tentunya dengan berbagai kebijakan yang diterapkan di dalamnya.

0% easy payment plan merupakan sebuah program yang terdapat di dalam kartu kredit yang memungkinkan pengguna kartu kredit dapat mencicil pembelanjaan yang dilakukannya selama kurun waktu tertentu tanpa dikenai sejumlah bunga.

Fitur 0% easy payment bukanlah sebuah program yang baru di dalam kartu kredit, hal ini bahkan telah banyak digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu. Ada banyak bank penerbit kartu kredit yang memberikan layanan ini di dalam kartu kredit mereka, meski beberapa bank hanya menerapkannya pada jenis kartu kredit tertentu saja. Hal ini dianggap menguntungkan oleh nasabah pengguna kartu, di mana mereka dengan mudah bisa berbelanja barang tertentu yang mereka inginkan dan mencicil pembayarannya tanpa dikenai sejumlah bunga.

Misalnya : Anda membeli sebuah televisi keluaran terbaru seharga Rp18.000.000, di mana dalam pembelian tersebut anda menggunakan fitur 0% easy payment plan dengan tenor satu tahun. Maka perhitungan cicilannya adalah:

Cicilan per bulan : Rp18.000.000 / 12 = Rp1.500,000

Jumlah cicilan sebesar Rp1.500.000 tersebut bersifat flat / tetap, karena tidak dikenai sejumlah bunga utang di dalamnya. Namun yang kemudian menjadi pertanyaannya adalah benarkah cicilan yang akan anda bayarkan hanya sebesar Rp1.500.000 saja nantinya?

Fitur 0% viaprojektn.sk

Meski dengan embel-embel cicilan 0%, namun di dalam fitur 0% easy payment plan bisa saja ada hal-hal yang menyebabkan anda harus membayar cicilan lebih banyak dari pembelanjaan yang anda lakukan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa kebijakan yang diterapkan oleh pada program mereka tidak anda pahami sepenuhnya. Meski tidak semua bank bertindak demikian, namun ada banyak bank yang membuat program ini tidak efektif sebagaimana yang diharapkan oleh nasabah pengguna kartu kredit.

Sebagai seorang pengguna kartu kredit, maka sudah sepatutnya anda memperhatikan dan juga mengetahui dengan jelas mengenai kebijakan yang diterapkan oleh bank di dalam fitur yang mereka layankan. Jangan sampai anda mengalami sejumlah kerugian di masa yang akan datang akibat kurangnya pengetahuan akan hal tersebut. Pahami beberapa poin di bawah ini sebelum menggunakan fitur 0% easy payment plan:

1. Fitur Benar-Benar Bisa Diterapkan

Sebelum melakukan pembelanjaan, pastikan fitur tersebut benar-benar bisa diterapkan di dalam pembelanjaan yang akan anda gunakan. Artinya, jumlah pembelanjaan anda telah sesuai dengan ketentuan jumlah transaksi yang ditetapkan oleh bank. Jika jumlahnya berada di luar ketentuan, maka biasanya fitur ini tidak bisa diterapkan pada sejumlah pembelanjaan anda tersebut.

Pada prakteknya, beberapa bank membatasi jumlah pembelanjaan di dalam fitur 0% easy payment yang dikeluarkan oleh mereka, di mana mereka hanya akan menerima transaksi yang jumlahnya berada pada batas pembelanjaan yang mereka tetapkan.

Misalnya: Bank Z hanya memberikan program 0% selama 6 bulan bagi nasabahnya, di mana jumlah transaksi maksimal yang bisa dilakukan adalah sebesar Rp 4 juta. Atau, program 0% selama 12 bulan dengan transaksi maksimal sebesar Rp10.000.000.

2. Cicilan Benar-Benar 0% Tanpa Syarat

Ada banyak merchant yang menawarkan cicilan 0% bagi pembelanjaan yang akan anda lakukan, namun belum tentu hal tersebut benar-benar 0% di dalam prakteknya. Ketika anda bertransaksi, bisa saja pihak merchant mewajibkan anda dikenai sejumlah biaya administrasi atas transaksi yang anda lakukan tersebut. Artinya, sejumlah biaya tersebut akan membuat program 0% yang anda gunakan menjadi tidak efektif.

Misalnya: Anda berniat untuk membeli barang seharga Rp24.000.000, dengan menggunakan 0% easy payment plan selama 12 bulan. Hal ini tentu akan membuat anda memiliki cicilan bulanan sejumlah Rp 2 juta per bulan. Namun ternyata pada saat melakukan transaksi, anda diwajibkan membayar biaya administrasi (charge) sebesar 3%, di mana jumlahnya sebesar Rp720.000. Ketentuan ini tentu akan membebani keuangan anda, dan membuat fitur 0% yang akan anda gunakan menjadi tidak efektif lagi.

3. Konsekuensi yang Diterapkan Bank

Sangat penting bagi anda untuk memahami konsekuensi atas program 0% yang akan anda gunakan, hal ini akan membantu anda terhindar dari berbagai masalah di masa yang akan datang. Ketika memiliki sejumlah cicilan atau utang, maka selalu ada risiko di mana anda tidak bisa membayarnya dan melakukan pelunasan tepat waktu sesuai dengan perjanjian awal. Untuk itu, pahami dengan baik mengenai konsekuensi yang akan anda tanggung atas hutang tersebut di masa yang akan datang.

Program 0% easy payment plan merupakan fasilitas kemudahan yang diberikan oleh pihak bank bagi anda, di mana anda bisa berbelanja dan melakukan cicilan terhadap tagihan tersebut. Hal ini bisa saja menjadi fasilitas yang memudahkan, namun bisa juga menjadi kesulitan di dalam keuangan pada masa yang akan datang. Pahami dengan jelas aturan yang diterapkan oleh bank pada fitur 0%, pastikan penggunaannya tepat dan jumlah cicilannya sesuai dengan kemampuan bayar anda.

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!