Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diangkat, Kondisinya Rusak Berat

redaksi.co.id - Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diangkat, Kondisinya Rusak Berat Alat perekam suara atau kotak hitam pesawat jatuh EgyptAir MS804 telah ditemukan di Laut Mediterania, dalam...

41 0

redaksi.co.id – Kotak Hitam EgyptAir Berhasil Diangkat, Kondisinya Rusak Berat

Alat perekam suara atau kotak hitam pesawat jatuh EgyptAir MS804 telah ditemukan di Laut Mediterania, dalam keadaan rusak.

Penemuan itu dilaporkan oleh Komite Investigasi Mesir pada Kamis (16/6/2016) waktu setempat.

Yang ditemukan itu diketahui sebagai kotak hitam yang terdapat di kokpit pesawat yang hilang pada Mei itu.

Kotak hitam tersebut ditemukan dalam keadaan rusak parah, sehingga proses pengangkatannya dilakukan sangat hati-hati dan secara bertahap.

Pengangkatan dilakukan menggunakan alat pencari robotik yang dipasang pada kapal pencari.

“Bagian unit penyimpan data, yang dianggap sebagai bagian yang paling penting pada alat perekam itu, telah diangkat,” demikian pernyataannya.

Kotak hitam itu telah dibawa oleh kapal pencari itu ke tangan para ahli di Alexandria, Mesir, untuk dianalisa isi datanya.

Akhirnya kotak hitam itu ditemukan, setelah diberitakan daya pancar sinyal alat penting itu akan habis pada pekan depan.

Jika daya pancarnya habis, maka kotak hitam akan semakin sulit dicari dan pertanyaan soal penyebab jatuhnya pesawat Airbus A320 itu akan semakin sulit dijawab.

Sebelumnya, kapal pencari milik Pemerintah Mesir telah mendeteksi keberadaan potongan badan pesawat yang membawa 66 orang itu pada Rabu (15/6/2016).

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!