WNI di Australia Diduga Dibunuh Suaminya Sendiri

120

redaksi.co.id – WNI di Australia Diduga Dibunuh Suaminya Sendiri

Seorang WNI bernama Novy Chardondinyatakan hilangsemenjak Februari 2013. Detektif Pengawas, Dave Hutchinson, mengatakan bahwa polisi masih mencari informasi terkait kasus tersebut.

Novy terlihat di kamera pengawas ketika hendak membayar bahan bakar di stasiun pengisian Coomera pada malam ia menghilang, yakni 6 Februari 2013. Ia juga terlihat di rumahnya di Upper Coomera setelah itu.

Mobil ibu dua anak berusia 34 tahun tersebut ditemukan di dekat stasiun di sebuah kota pinggiran lima hari kemudian.

Dua hari setelah Novy menghilang, suaminya, John Chardon (68), pergi bersama anak-anaknya ke Indonesia untuk melakukan perjalanan bisnis.

Ketika John kembali dua minggu kemudian, ia diwawancarai oleh polisi selama beberapa jam dan akhirnya dilepas tanpa tuduhan.

Seperti dilansir dari ABC, Jumat (17/6/2016), imbalan sebesar 250 ribu dolar Australia atau sekitar Rp 2,4 miliar ditawarkan oleh pihak berwenang dalam usaha untuk menemukan petunjuk baru dalam kasus ini.

Suami Novy, John, ditahan pada Jumat, 17 Juni 2016, dan dibawa ke Brisbane Watch House, tempat ia secara resmi didakwa. Ia juga muncul di Pengadilan Brisbanedan diserahkan dalam tahanan hingga sidang pada 29 Agustus.

Di luar pengadilan, pengacaranya, Craig Newport, berkata bahwa kliennya bermaksud untuk melawan tuduhan pembunuhan.

“Kita masih tak tahu di mana tubuhnya,” ujar Hutchinson ketika memberi keterangan.

“Untuk itu kami akan terus meminta bantuan masyarakat jika terdapat seseorang yang memiliki informasi lebih lanjut. Fakta bahwa telah ditangkapnya seseorang bukan berarti akhir dari kasus tersebut,” ia menambahkan.

Pihaknya hingga kini masih mencari apakah ada orang yang memiliki informasi tentang apa yang terjadi pada malam itu atau mungkin hari-hari setelahnya. Hutchinson juga berkata bahwa penyelidikan tersebut sangat rumit.

“Ini adalah penyelidikan yang sangat detail dan rumit. Seperti yang saya katakan, investigasi ini sangat mendalam,” ujarnya.

“Kami ingin memastikan kebenarannya dan karena itu penyelidikan ini membutuhkan waktu lama,” ucapnya.

Hingga saat ini terdapat beberapa upaya untuk mencari tubuh Novy. Pada 2014, dilakukan ekskavasi properti di Mount Nathan, Gold Coast. Di sana mereka menemukan beberapa bagian white ute–jenis mobil–di mana modelnya mirip dengan mobil Novy yang ditinggalkan.

Pada Januari, 50 relawan State Emergency Service (SES) melakukan pencarian di properti seluas 3,6 hektare di Advancetown, termasuk rumah dan dam, untuk menemukan jasadNovy.

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!