10 Hal Soal Elon Musk, Miliarder 'Tergila' Dunia

101

redaksi.co.id – 10 Hal Soal Elon Musk, Miliarder 'Tergila' Dunia

Salah satu orang terkaya dunia, Elon Musk dikenal sebagai seorang miliarder yang eksentrik dan kontroversial. Dia juga dikenal sebagai miliarder paling gila karena ide dan rencana-rencananya.

Musk punya beberapa perusahaan. Dia adalah pendiri dari PayPal, Tesla Motor SpaceX juga Solarcity. Dia bisa jadi jenius, visioner, atau juga seorang yang gila, namun dalam hal yang positif.

Dari mobil listrik, layanan pembayaran online, kapal luar angkasa, dia membangun kekayaannya dan karir yang cemerlang lewat perusahaan-perusahaannya tersebut.

Ada juga 10 fakta menarik dari si miliarder gila ini. Dilansir dari Marketwatch, berikut 10 rahasia Elon Musk.

1. Tak Kenal Kata Tak Bisa

Banyak yang beranggapan dia gila karena ide-ide yan dilakukannya. Misalnya membuat perusahaan otomotif, internet bank, membangun roket. Semua menganggapnya mustahil tapi Elon Musk tak menghiraukannya dan jalan terus. Akhirnya dia sukses membuat perusahaan-perusahaan tersebut.

2. Membaca

Kerjaannya membaca dan membaca. “Kamu tak tahu apa yang kamu tak tahu, Kamu sadar bahwa semuanya ada di luar sana,” ujarnya. Musk menghabiskan masa kecilnya dengan membaca buku. Bahkan dia membuat perusahaan SpaceX dengan membaca buku seperti Aerothermodynamics of Gas Turbine and Rocket Propulsion.

3. Jam Kerja yang Gila

Musk berpikir apakah dia bisa meluangkan 5 hingga 10 jam dalam seminggu dari waktu sibuknya untuk berkencan. Saat mulai kerja, dia tidur di beanbag (kursi empuk) di samping meja kerjanya. “Bisa jadi dia mandi hanya di akhir pekan” kelakar rekan kerjanya. Bahkan sekarang pun dia masih disibukkan dengan rapat dari perusahaan ke perusahaan lain.

4. Menonjol

Dari kantor yang futuristik ke gala even peluncuran produk, Musk mahir menfapatkan perhatian yang ia dan perusahaan inginkan. Saat dia memulai perusahaan internet, dia membuat case besar dan dramatis untuk PC, jadi terlihat lebih menarik bagi konsumen dan investor.

5. Mematok Deadline yang Konyol

Dia membuat perusahaan PayPal dari shell (perusahaan cangkang) hingga beroperasi hanya dalam kurun 4 bulan di 1999. Begitu juga yang ia lakukan untuk Tesla dan SpaceX, dia mematok deadline yang konyol untuk pembuatan prototipe dan menjualnya ke pasaran. Buruknya, dia terlihat konyol. Tapi baiknya, kerjaan dia cepat selesai.

6. Dia Merekrut Kualitas

Musk mencari yang terbaik, terpintar, dan insinyur yang terlapar dan staf lain. Dia mengatakan bahwa dia memilih untuk mempekerjakan satu insinyur hebat daripada 3 yang biasa-biasa saja.

7. Dia Mengerti Lingkungan Kerja

Dia mengubah tradisi bekerja di sebuah pabrik. Dia menempatkan meja kerja di lantai pabrik, dan mengatur insinyur, programmer komputer, mekanik, dan tukang las duduk dan bekerja berdampingan. Sederhana dan efektif.

8. Pandai Berimprovisasi

Kala SpaceX dipaksa untuk menunda peluncuran roketnya di AS, dia pergi dan menemukan tempat yang cocok di Pasifik yang bisa ia gunakan. Saat Tesla harus menguji prototipe mobilnya di kedinginan, dia menyewa truk eskrim dengan kulkas yang besar.

9. Total

Dia pada dasarnya menaruh semua uangnya yang ia dapat dari usahanya pertama untuk modal Paypal, dan uang yang ia dapat dari PayPal untuk mendirikan Tesla, dan kemudian SpaceX.

10. Dia Seorang Bajingan

Maaf untuk mengatakan ini, tapi memang benar adanya. Dia kejam dan tak punya hati pada teman kerjanya. Dia dikabarkan memarahi pekerjanya yang tak datang pada acara kantor karena melihat kelahiran anak pertamanya. Dia juga memecat pembantu untuk memangkas biaya.

Suka? tentu saja tidak. Tapi, siapa yang mengatakan bahwa yang sukses itu harus disukai?

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

loading...

Comments

comments!