Peluang Besar Valentino Rossi di Assen

120

redaksi.co.id – Peluang Besar Valentino Rossi di Assen

Valentino Rossi berkesempatan besar untuk bisa menambah poin guna mengejar Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang ada di peringkat dua dan satu klasemen sementara.

Balapan seri kedelapan nanti akan dihelat di Sirkuit Assen, Belanda, dua pekan mendatang. Sirkuit yang sudah digunakan untuk balapan MotoGP sejak 1949 ini adalah sahabat Rossi.

Musim lalu, dia berjaya dengan mengasapi Marquez dan Lorenzo untuk memuncaki podium. Keseluruhan, pembalap asal Italia itu sudah merasakan sembilan kemenangan di Assen. Rinciannya 7 kali di ajang MotoGP, sekali di kelas 250cc dan lainnya di kelas 125cc.

Dengan fakta tersebut, Rossi punya peluang lebar untuk memotong perbedaan poin dengan Marquez dan Lorenzo. Sejauh ini, Rossi duduk di peringkat ketiga dengan 103 poin.

Di puncak klasemen, Marquez masih memimpin dengan 125 angka sedangkan Lorenzo sepuluh poin di belakangnya.

Peluang Rossi untuk jadi juara semakin besar dengan kian mantapnya para mekanik Yamaha Movistar dalam menentukan stelan balap di Assen.

Direktur tim Yamaha Massimo Meregalli mengatakan, Rossi akan menggunakan chassis baru seperti yang digunakan pada seri Katalunya. Chassis baru ini, jadi kunci utama Rossi dalam meraih kemenangan di seri Spanyol tersebut.

Sasis yang sekarang terbukti lebih baik. Jika pengembannya semakin baik, maka kemungkinan besar akan digunakan di Assen nanti, kata dia dikutip dari Crash, tengah pekan ini.

Rossi pun mengaku sangat senang dengan pencapainnya sejauh ini. Mengingat balapan nanti akan digelar di sirkuit favoritnya, pembalap 37 tahun itu semakin bersemangat. Tidak bisa ditampik, iya, saya sangat senang dengan sirkuit Assen. Sangat bersemangat untuk mendapatkan poin di sana, kata Rossi.

Wajar the Doctor sangat gemar dengan Assen. Sirkuit sepanjang 4.500 meter ini punya treksempit dengan kombinasi pergantian arah yang cepat. Dengan karakter seperti ini, Rossi memang punya banyak keahlian untuk bisa tampil jadi yang tercepat.

Peruntungan yang kian berpihak kepada Rossi ini pun memancing kecemasan para kompetitornya. Marquez mengaku Rossi saat ini sedang sangat kuat-kuatnya dalam membalap. Rider Respol Honda ini pun menyatakan akan kian sigap untuk menghadapi Rossi pada race-race selanjutnya.

Jelas dia menunjukkan kelasnya dengan semua attitude yang dia miliki, Rossi tetap jadi lawan yang paling kuat di ajang ini dengan level yang sangat tinggi, kata pembalap asal Spanyol ini.

Pembalap asal Spanyol ini tak menampik, kehebatan Rossi tak hanya soal skill susul-menyusul di jalanan. Di luar trek, sikap seniornya itu sangat memberikan contoh. Pernyataannya ini, mengacu kepada sikap Rossi saat menyalaminya beberapa pekan lalu.

Sikap tenangnya adalah kekuatan dia di balapan, saya harus segera bisa menanggapi kebangkitannya, ujar dia.

Rekan setim Rossi, Lorenzo menilai pemilik gelar juara dunia sembilan kali itu akan jadi ancaman pada race-race selanjutnya. Menurut dia, pertarungan dengan Rossi yang sudah dia jalani bertahun-tahun membuktikan rekan sekaligus lawannya itu tak bisa dipnadang remeh.

Musim lalu kami beriringan ketat. Saat ini dia kembali ke treknya dan itu harus bisa diantisipasi, kata Lorenzo

Klasemen Sementara MotoGP

Pembalap Tim Poin

Marc Marquez Repsol Honda 125

Jorge Lorenzo Movistar Yamaha 115

Valentino Rossi Movistar Yamaha 103

Dani Pedrosa Repsol Honda 82

Maverick Vinales Team Suzuki Ecstar 72

Pol Espargaro Monster Yamaha Tech3 59

Aleix Espargaro Team Suzuki Ecstar 49

Hector Barbera Avintia Racing 49

Andrea Dovizioso Ducati Team 43

Andrea Iannone Ducati Team 41

Eugene Laverty Aspar Team MotoGP 39

Bradley Smith Monster Yamaha Tech 3 29

Stefan Bradl Aprilia Racing Team Gresini 29

Alvaro Bautista Aprilia Racing Team Gresini 29

Danilo Petrucci Octo Pramac Yakhnich 24

Cal Crutchlow LCR Honda 20

Michele Pirro Octo Pramac Yakhnich 19

Scott Redding Octo Pramac Yakhnich 16

Tito Rabat Estrella Galicia Marc VDS 13

Loris Baz Avintia Racing 8

Jack Miller Estrella Galicia 0,0 Marc VDS 7

Yonny Hernandez Avintia Racing 3

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!