Usul Buruh Kurangi Pengusaha Nakal Tak Bayar THR

redaksi.co.id - Usul Buruh Kurangi Pengusaha Nakal Tak Bayar THR Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah berlaku tegas pada perusahaan nakal yang mangkir dari pembayaranTunjangan...

16 0

redaksi.co.id – Usul Buruh Kurangi Pengusaha Nakal Tak Bayar THR

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah berlaku tegas pada perusahaan nakal yang mangkir dari pembayaranTunjangan Hari Raya (THR). Lantaran perusahaan nakal kerap menerapkan segala cara guna menghindar dari pembayaran THR.

Presiden KSPI Said Iqbal meminta pemerintah pro aktif memeriksa perusahaan-perusahaan yang tidak menunaikan kewajibannya dalam pembayaran THR. Kendati terdapat posko pengaduan, dia meminta pemerintah langsung mendatangi perusahaan dan melakukan pendataan.

“Jangan hanya bicara, membentuk. Tapi pro aktif, datangi perusahaannya,” kata dia

Said menuturkan, peran aktif pemerintah untuk mendata perusahaan nakal penting lantaran para buruh cenderung khawatir jika mengadu masalah THR. Para pekerja khawatir terhadap risiko yang diberikan perusahaan.

“Harusnya pemerintah mencatat siapa yang bayar, harus ada sanksi tegas,” ungkap dia.

Dia bercerita ada beberapa motif perusahaan nakal supaya tidak membayarkan THR. Di antaranya, melakukan pemutusan hubungan kerja sebelum pembayaran THR. Perlakuan ini kerap diterima oleh pekerja dengan status kontrak.

Said sendiri tak mengungkap secara detil berapa jumlah pekerja yang menerima perlakuan itu. Dia bilang perlakuan tersebut biasanya diterima oleh pekerja di Jabodetabek, Surabaya, Medan, dan lain sebagainya.

“Banyak, rata-rata dalam setahun bisa di angka 40 persen total buruh. Sebagian besar kontrak,” ujar dia. (Amd/Ahm)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!