5 Alasan Anda Perlu Menabung

106

redaksi.co.id – 5 Alasan Anda Perlu Menabung

Meski banyak orang menyadari pentingnya menabung, kenyataannya menyisihkan uang adalah tantangan tersendiri.

Semua orang tentunya cukup sadar akan pentingnya menabung. Namun pada kenyataannya, menyisihkan beberapa ribu rupiah saja merupakan tantangan tersendiri. Keinginan Anda akan mengalahkan niat untuk berhemat.

Untuk itu, Anda harus memulainya dengan benar-benar memahami tentang makna menabung. Anda bisa membuat daftar tujuan yang ingin dicapai bila memiliki simpanan uang lebih.

Melansir dari abc15.com, Senin (20/6/2016) terdapat alasan perlunya menabung. Untuk mempermudah daftar pencapaian Anda, berikut ulasannya:

1. Kebutuhan yang mendadak

Kebutuhan mendadak ini tidak pernah diduga sama sekali. Kecelakaan, kematian, kejadian alam ataupun sakit biasanya memerlukan uang yang tidak sedikit. Namun, bila memiliki simpanan, Anda tidak akan terlalu khawatir mengenai masalah tersebut.

2. Masa pensiun

Program Jaminan Sosial dirancang untuk memberikan sekitar sepertiga pendapatan pensiun individu. Namun menurut informasi dari Administrasi Keamanan Sosial di AS, 34 persen dari angkatan kerja tidak memiliki tabungan pensiun. Oleh karena itu, menyisihkan uang untuk masa pensiun sangat penting.

3. Membeli properti

Membeli tempat tinggal selalu membutuhkan biaya yang besar, setidaknya uang muka yang juga jutaan. Dengan tabungan yang Anda miliki, masalah tersebut akan dengan mudah diselesaikan. Bahkan mungkin tabungan tersebut bisa membantu membayar cicilan beberapa bulan.

4. Sarana mencapai mimpi

Jika Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri tanpa mengambil pinjaman, buatlah tabungan selama periode waktu yang akan mendukung dalam mencapai tujuan tersebut. Termasuk jika mimpi Anda adalah liburan mahal, sisihkan uang yang dibutuhkan dalam beberapa bulan.

5. Menghindari utang

Kebanyakan orang berpikir,berutang adalah cara untuk berhemat. Namun, pemikiran tersebut tidak selalu benar. Bila uang yang dimiliki benar-benar digunakan hanya untuk kebutuhan saja, maka sisa yang Anda miliki bisa digunakan untuk menabung. (Shabrina A/Ahm)

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!