Pemburu Tank A-10 Thunderbolt Dilengkapi Roket Laser

redaksi.co.id - Pemburu Tank A-10 Thunderbolt Dilengkapi Roket Laser A-10s Thunderbolt tidak membutuhkan bantuan agar menjadi senjata mematikan. Pemburu tank yang dibangun pada 1970 ini dirancang...

11 0

redaksi.co.id – Pemburu Tank A-10 Thunderbolt Dilengkapi Roket Laser

A-10s Thunderbolt tidak membutuhkan bantuan agar menjadi senjata mematikan. Pemburu tank yang dibangun pada 1970 ini dirancang untuk merusak tank Soviet dalam perang di Eropa. Pesawat ini adalah senjata mematikan yang dimiliki Angkatan Udara Amerika Serikat.

Tidak ada keraguan bahwa A-10 mampu menghancurkan berbagai target di darat yang ditemukan. Namun sebuah roket presisi yang dipandu laser kini melengkapi pesawat tersebut. Senjata ini menawarkan tambahan pilihan dari yang sudah ada, yang memungkinkan kalibrasi lebih tepat.

Senjata baru tersebut bernama Advanced Precision Kill Weapon System atau APKWS. Dibuat oleh perusahaan Inggris, BAE Systems, sistem ini ditambahkan ke dalam tubuh roket yang ada, yaitu berupa sayap kecil dan sensor.

Diprogram untuk penanda laser, roket tersebut terbang ke sasaran yang ditandai. Senjata ini ditujukan untuk kendaraan ringan lapis baja, bukan tank berat.

Roket ini sudah digunakan oleh helikopter serang seperti AH-64 Apache. Baru-baru ini, Angkatan Udara Amerika Serikat melengkapi A-10s dan pesawat tempur serbaguna F-16 dengan roket tersebut untuk digunakan di Irak dan Afganistan.

POPULAR SCIENCE | ERWIN Z

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!