Laporan Pertandingan: Slowakia 0-0 Inggris

59

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Slowakia 0-0 Inggris

Inggris mendominasi pertandingan, tapi Slowakia tampil displin untuk mampu membendung setiap ancaman dan mengamankan hasil imbang tanpa gol.

Inggris gagal meraih kemenangan dalam laga kontra Slowakian dan menutup pertandingan dengan skor imbang tanpa gol, Selasa (21/6) dini hari WIB. Walau begitu, The Three Lions berhasil mengklaim tiket lolos ke babak 16 besar Euro 2016 dengan mengklaim posisi runner-up di Grup B.

Roy Hodgson menerapkan enam pergantian dalam starting XI. Nathaniel Clyne, Ryan Bertrand, Jordan Henderson, Jack Wilshere, Daniel Sturridge, dan Jamie Vardy mendapat kesempatan untuk menjadi starter.

Sementara itu, Slowakia menurunkan susunan pemain yang sama dengan laga kontra Rusia pekan lalu.

Tampil dengan dua penyerang lincah, The Three Lions mendapatkan rentetan peluang sejak awal pertandingan. Situasi ini memaksa Slowakia untuk bertahan di areanya sendiri.

Satu peluang dicatatkan oleh Vardy yang menyambut umpan silang Clyne dari sayap kanan. Sayang, sepakan penyerang Leicester City itu masih melebar di samping gawang.

Vardy kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-17. Pemain berusia 29 tahun itu berlari menyambut umpan terobosan dari Jordan Henderson dan menang balapan dengan Martin Skrtel. Sepakan kaki kanan langsung saja dilancarkan oleh Vardy, tapi Matus Kozacik mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Penjaga gawang Slowakia itu benar-benar tampil gemilang malam ini. Ia kembali melakukan penyelamatan penting jelang jeda turun minum. Kali ini giliran Clyne yang memanjakan Lallana dengan umpan balik.

Gelandang Liverpool itu berada di tempat yang tepat dan menendang bola dengan keras. Kozacik ternyata mampu membaca arah bola, lalu menepisnya keluar lapangan.

Paruh pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Pasukan Hodgson mendominasi pertandingan, tapi pertahanan Slowakia cukup disiplin dan susah ditembus.

Situasi tidak berubah banyak di paruh kedua. The Three Lion smasih mendominasi pertandingan, tapi kesulitan menembus pertahanan Slowakia. Adapun satu kesalahan fatal nyaris dilakukan oleh Chris Smalling. Bek Manchester United itu berniat memberikan bola pada Joe Hart, tapi sentuhannya terlalu lembek. Untung saja sepakan Robert Mak meleset.

Inggris langsung membalas tak lama kemudian. Sturridge yang menguasai bola menyajikan umpan manis untuk Clyne yang melakukan overlap dari sayap kanan. Bek kanan Liverpool itu berhasil menguasai bola, tapi tembakan kerasnya lagi-lagi mampu dihalau oleh Kozacik.

Vladimir Weiss membalas lewat serangan balik setelahnya, namun tendangannya mampu ditangkap oleh Hart.

Menyadari kebuntuan timnya, Hodgson melakukan beberapa pergantian. Wayne Rooney masuk menggantikan Jack Wilshere, sementara Dele Alli menggantikan Adam Lallana.

Alli yang masuk langsung memberikan dampak positif setelah menyambut umpan silang Henderson, tapi bola yang mengarah ke gawang mampu disapu oleh Skrtel.

Jelang bubaran, situasi makin buruk bagi Slowakia. Pelatih Jn Kozk telah melakukan tiga pergantian, tapi Robert Mak dan Martin Skrtel mengalami cedera beruntun. Untung saja keduanya mampu kembali bermain dan merapatkan barisan Slowakia.

Peluit panjang akhirnya dibunyikan ketika papan skor masih menunjukkan 0-0. Inggris gagal membongkar rapatnya pertahanan Slowakia. The Three Lions pun harus ikhlas finis di tempat kedu klasemen Grup B Euro 2016, tertinggal satu poin dari Wales.

(red/iti/mi/anik/SUH)

loading...

Comments

comments!