Sate Maranggi Pesanan Jokowi di Rumah Akom

83

redaksi.co.id – Sate Maranggi Pesanan Jokowi di Rumah Akom

Kegigihan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mempopulerkan panganan khas daerahnya yaitu Sate Maranggi, terus dilakukan. Bahkan saat ini mulai membuahkan hasil setelah beberapa kali diundang dalam acara festival kuliner di dalam maupun luar negeri.

Kini makanan bercita rasa manis gurih itu pun mulai menjadi panganan nasional yang disukai Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi sempat menyuguhkan Sate Maranggi kepada para tamu negara. Salah satunya saat jamuan makan malam bersama investor di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Kini, Jokowi pun secara khusus memesan sate maranggi sebagai menu buka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPR RI, Ade Komarudin (Akom).

Untuk itu, secara khusus Dedi menyempatkan datang ke rumah dinas Akom yang berada di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, untuk mengantar dan memastikan sate maranggi yang dipesan sesuai yang diharapkan.

Pasalnya, dalam acara itu selain Jokowi, turut hadir Wapres Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja, juga anggota DPR RI.

“Kemarin kan saya ditelepon Kang Ade Komarudin, katanya Pak Presiden minta tolong ke Bupati Purwakarta agar membawa sate maranggi untuk buka bersama. Tentu itu jadi kebanggaan tersendiri untuk saya,” ujar Dedi di Purwakarta, Senin (20/6/2016).

Kemudian Dedi juga sengaja hadir ke acara buka puasa bersama tersebut. Bukan hanya untuk bertemu Akom, yang merupakan teman satu kampung halaman dan kolega di Partai Golkar, namun dia ingin mempromosikan sate maranggi.

“Saya dedikasikan ini untuk para pedagang sate maranggi di mana pun. Imej dan kepercayaan diri mereka meningkat. Dulu sate maranggi sejarahnya makanan orang miskin, tapi sekarang Pak Presiden saja suka, bahkan sudah mendunia,” ujar Dedi.

Seperti diketahui, Dedi mulai mempromosikan sate maranggi baik saat menyambut tamu atau saat memenuhi undangan berbagai pihak.

Puncaknya 2015 lalu Pemkab Purwakarta menggelar festival maranggi, yang ternyata diminati oleh masyarakat luas. Sejak saat itu, banyak kalangan dari dalam maupun luar negeri yang menginginkan sate maranggi tampil di acara festival kuliner. Salah satunya di World Street Food Culinary (WSFC) 2016 yang digelar di Manila, Filipina, beberapa waktu lalu.

Bahkan kini Pemkab Purwakarta telah menjalin kerja sama dengan beberapa negara seperti Malaysia untuk penjualan sate maranggi di negaranya. Bahkan dalam waktu dekat, Dedi akan meresmikan gerai pertama sate maranggi di Washington DC, Amerika, dalam bentuk food truck.

(red/iti/mi/anik/SUH)

loading...

Comments

comments!