Produsen TV Cina Kejar Pasar Samsung dan LG

redaksi.co.id - Produsen TV Cina Kejar Pasar Samsung dan LG Perusahaan pembuat televisi asal Cina tampaknya mengejar perusahaan Korea dengan sungguh-sungguh pada sektor produk televisi premium....

11 0

redaksi.co.id – Produsen TV Cina Kejar Pasar Samsung dan LG

Perusahaan pembuat televisi asal Cina tampaknya mengejar perusahaan Korea dengan sungguh-sungguh pada sektor produk televisi premium.

Perusahaan asal Cina membuat produk kelas premium dengan harga jual di bawah US$ 500 atau sekitar Rp 6,7 juta per unit dengan kualitas yang lebih rendah. Padahal umumnya televisi di kelas premium dijual dengan harga US$ 2.000 atau sekitar Rp 27 juta per unit oleh perusahaan Korea yang memang dikenal menjual produk televisi berkualitas baik.

Upaya pengejaran ini dilakukan tujuh perusahaan Cina, yaitu Hisense, TCL, Skyworth, Conga, Haier, Changhong, dan Xiaomi, seperti dilansir Sammobile.com , Selasa, 21 Juni 2016. Berdasarkan data industri pada 19 Juni, produsen televisi Cina telah meningkatkan pasar mereka dengan strategi harga yang lebih murah dan bantuan subsidi dari pemerintah untuk pasar domestik mereka sendiri di Cina.

Pertumbuhan ini bisa disebut mengancam perusahaan-perusahaan Korea yang selama ini telah mendominasi pasar televisi premium. Berdasarkan data yang dirilis lembaga riset pasar IHS di Korea, posisi perusahaan televisi Korea masih bertahan di urutan satu dengan pangsa pasar 34,2 persen di pasar TV global. Data ini berdasarkan data pengiriman pada kuartal pertama 2016.

Namun angka tersebut hanya berselisih poin 2,8 persen dari pangsa pasar produk Cina yang sebesar 31,4 persen. Dari data pangsa pasar tersebut diketahui bahwa Samsung Electronics memegang porsi pasar 21 persen, sedangkan LG Electronics memegang porsi pasar 13,2 persen.

Namun ketujuh merek TV asal Cina juga mulai memasuki peningkatan sepuluh peringkat teratas dengan pasar gabungan mereka. Perusahaan-perusahaan Cina baru-baru ini membuat gerakan strategis yang ditujukan untuk menumbuhkan pasar TV premium dengan memperluas pasar global.

Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan Cina adalah dengan memasuki UHD Alliance, sebuah koalisi global yang mempromosikan UHD secara global dan memberikan sertifikasi untuk TV yang telah lulus tes mereka.

Sejauh ini hanya tiga merek Samsung, LG, dan Sony saja yang telah mendapat sertifikasi premium. Hisense dan TCL baru-baru ini bergabung dengan UHD Alliance dan membuat upaya untuk mendapatkan sertifikasi premium dari lembaga tersebut. SAMMOBILE | BUSINESS KOREA | MAYA NAWANGWULAN

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!