Dilelang, Jaket Hitler Dibeli Kolektor Seharga Rp 4,1 Miliar

redaksi.co.id - Dilelang, Jaket Hitler Dibeli Kolektor Seharga Rp 4,1 Miliar Jaket pemimpin Nazi Adolf Hitler yang dilelang kabarnya telah terjual ke tangan seorang kolektor seharga...

17 0

redaksi.co.id – Dilelang, Jaket Hitler Dibeli Kolektor Seharga Rp 4,1 Miliar

Jaket pemimpin Nazi Adolf Hitler yang dilelang kabarnya telah terjual ke tangan seorang kolektor seharga Rp 4,1 miliar.

Sejumlah barang peninggalan atau yang berhubungan dengan beberapa tokoh kontroversial Jerman dilelang secara tertutup di Jerman.

Termasuk pula dilelang barang-barang yang berhubungan dengan pemimpin-pemimpin Nazi, seperti Hitler dan Hermann Goering.

Seperti yang dibeli oleh seorang kolektor asal Argentina, yang membayar sekitar Rp 4,1 miliar untuk sebuah jaket seragam milik Hitler.

Tak hanya itu, pria yang tak disebutkan namanya itu juga memborong sejumlah barang lain, seperti celana dalam dan baju tidur Goering.

Jika ditotal, pembeli yang hanya menggunakan inisial ‘888’ itu membeli sebanyak lebih dari 50 barang memorabilia Nazi dalam lelang itu.

Inisial ‘888’ terinspirasi dari kode ’88’ yang digunakan di era neo-Nazi, di mana angka delapan mewakili huruf ke-8 dalam alfabet, yaitu H (Hitler).

Menurut sang kolektor, puluhan barang itu ia beli untuk dijadikan sebagai koleksi sebuah museum.

Berbagai pihak, termasuk komunitas Yahudi di Jerman, telah meminta agar acara lelang itu ditiadakan sebab dianggap kontroversial.

Itu sebabnya lelang dilakukan secara tertutup dan media dilarang untuk menyorot gelarannya.

Selain itu, menurut Presiden Dewan Pusat Yahudi Josef Schuster, seharusnya barang-barang itu menjadi koleksi museum atau warisan negara.

Jadi, seharusnya barang-barang itu tidak boleh diperjualbelikan demi mengeruk keuntungan untuk pribadi. (Daily Mail/Independent)

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!