Ramadan, Kapal Ternak Jokowi Angkut 500 Ekor Sapi

redaksi.co.id - Ramadan, Kapal Ternak Jokowi Angkut 500 Ekor Sapi Kapal ternak Camara Nusantara I yang disiapkan Presiden Joko Widodo kembali mengangkut 467 ekor sapi dari...

8 0

redaksi.co.id – Ramadan, Kapal Ternak Jokowi Angkut 500 Ekor Sapi

Kapal ternak Camara Nusantara I yang disiapkan Presiden Joko Widodo kembali mengangkut 467 ekor sapi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 22 Juni 2016, untuk memenuhi kebutuhan daging nasional saat Ramadan dan Lebaran. Selain di Kupang, kapal Jokowi ini juga akan mengangkut sapi dari Pulau Sumba sebanyak 33 ekor untuk menggenapi kapasitas kapal sebanyak 500 ekor sapi.

Manajer operasional PT Pelni Nusa Tenggara Timur, Iwan Basuki, berharap pengangkutan sapi ini dapat memberikan solusi dan menekan harga daging di Pulau Jawa saat Ramadan. Karena itu, Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu harapan pemerintah untuk memasok daging sapi ke Pulau Jawa. “Selama ini pemerintah kesulitan pasokan daging sapi menjelang Lebaran karena kebutuhan daging sangat meningkat,” katanya, Rabu, 22 Juni 2016.

Kapal ternak ini, menurut dia, mengangkut sapi dengan bobot 300 kilogram sebanyak 467 ekor di Kupang dan 33 ekor di Waingapu, Sumba Timur. “Ada 500 ekor yang diangkut dari NTT,” tegasnya. Kapal ternak Jokowi ini akan kembali mengangkut sapi dari Nusa Tenggara Timur dua pekan lagi agar bisa memenuhi kebutuhan daging di Pulau Jawa.

Dinas Peternakan Nusa Tenggara Timur mencatat populasi sapi potong di Nusa Tenggara Timur masih 890-900 ribu ekor, dan pada 2016 Nusa Tenggara Timur memberikan kuota pengiriman sapi keluar daerah sebanyak 65 ribu ekor. YOHANES SEO

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!