Laporan Pertandingan: Kroasia 2-1 Spanyol

redaksi.co.id - Laporan Pertandingan: Kroasia 2-1 Spanyol Gol menit akhir Perisic berhasil mengunci kemenangan Kroasia atas Spanyol dan mengklaim puncak klasemen Grup D.Kroasia keluar sebagai pemuncak...

11 0

redaksi.co.id – Laporan Pertandingan: Kroasia 2-1 Spanyol

Gol menit akhir Perisic berhasil mengunci kemenangan Kroasia atas Spanyol dan mengklaim puncak klasemen Grup D.

Kroasia keluar sebagai pemuncak klasemen Grup D Euro 2016 setelah mengunci kemenangan 2-1 atas Spanyol, Rabu (22/6) dini hari WIB. Ivan Perisic menjadi pahlawan dengan satu assist untuk Nikola Kalinic dan satu gol di menit akhir pertandingan.

Secara mengejutkan, Vicente del Bosque tidak mengubah susunan pemain Spanyol. Keputusan ini tentu merupakan langkah berani mengingat La Roja sudah mengklaim satu tempat di fase gugur Euro 2016. Sang pelatih sama sekali tidak mengistirahatkan penggawa utamanya.

Berbeda dengan Kroasia yang kehilangan beberapa pemain intinya. Mario Mandzukic dan Luka Modric terpaksa absen karena cedera sehingga dua pemain muda masuk menggantikan. Ialah Marko Rog dan Marko Pjaca.

Spanyol tidak butuh lama untuk menandai kualitasnya, hanya tujuh menit. Menyusul kerja sama nan cantik antara David Silva dan Cesc Fabregas, bola akhirnya digulirkan ke kotak penalti oleh nama kedua. Ternyata sudah ada Morata yang berlari untuk menyambar bola dan mencetak gol.

Tak lama berselang, Kroasia nyaris menyamakan kedudukan karena kesalahan fatal David De Gea. Kiper Manchester United itu malah memberikan bola pada Ivan Rakitic yang berdiri bebas. Bintang Barcelona itu langsung saja melepaskan tembakan, tapi nasib De Gea masih diselamatkan oleh mistar gawang.

Umpan-umpan pendek langsung mewarnai pertandingan setelah momen tersebut. La Roja mendominasi penguasaan bola dan coba menciptakan gol kedua. Barisan pertahanan Kroasia ternyata cukup disiplin sehingga nyaris tak tersisa ruang tembak bagi penggawa Spanyol.

Walau tertekan, Kroasia memiliki winger yang piawai dalam memimpin serangan balik. Skema serangan balik lewat sektor kiri pun menjadi andalan dan ternyata cukup efektif. Dalam satu kesempatan, Ivan Perisic berlari membawa bola, menari sedikit, lalu melambungkan umpan silang ke tiang dekat. Kalinic langsung berlari ke depan gawang, meninggalkan Sergio Ramos, dan mencetak gol penyama kedudukan.

Paruh kedua, Kroasia tampak lebih panas setelah jeda turun minum. Perisic dan Pjaca sama-sama rajin menyerang lewat kedua sayap. Dua peluang terpisah turut tercipta di awal babak. Pertama, Tin Jedvaj melepaskan tembakan keras yang mampu ditepis De Gea. Kedua, Pjaca melakukan tendangan salto yang meleset tipis di samping gawang.

Satu momen kontroversial tercipta ketika kaki Ramos mengganjal Pjaca di kotak penalti. Wasit tidak memberikan penalti pada Kroasia, tapi justru memberikan penalti pada Spanyol tak lama kemudian. Sime Vrsaljko dinilai melakukan pelanggaran terhadap Silva yang berlari ke kotak penalti. Beruntung, Danijel Subasic mampu menggagalkannya.

Mulai buntu, Ante Cacic akhirnya memutuskan untuk menyuntikkan kreativitas di lini tengah. Mateo Kovacic masuk menggantikan Rog. Di sudut berseberangan, Del Bosque lebih dulu mengganti Nolito dengan Bruno, lalu Morata dengan Aritz Aduriz. Thiago Alcantara pun turut meramaikan pergantian untuk menggeser Fabregas.

Di pengujung laga, kejutan justru diciptakan oleh Kroasia yang sejak awal tertekan. Lewat serangan balik, Kalinic dengan Perisic berlari berdampingan di sayap kiri. Kalinic memberikan bola pada Perisic dan sang winger Internazionale melepaskan tembakan kaki kiri ke tiang dekat. De Gea coba melakukan penyelamatan, tapi bola berhasil masuk dan membawa Kroasia unggul di menit 87.

Kroasia pun menang 2-1 atas Spanyol ketika peluit panjang dibunyikan. Kroasia duduk di puncak klasemen Grup D, sementara Spanyol yang duduk di posisi runner-up bakal berhadapan dengan Italia di babak 16 besar.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!