Data dan Fakta Menarik MotoGP Belanda: Rossi Raja Sirkuit Assen

86

redaksi.co.id – Data dan Fakta Menarik MotoGP Belanda: Rossi Raja Sirkuit Assen

Perhelatan MotoGP2016 berlanjut ke sirkuit Assen, Belanda, Minggu, (26/6/2016). Sirkuit ini ikut menjadi saksi bisu rivalitas dua rider, ValentinoRossidan MarcMarquez.Musim lalu, Rossimemotong jalur Marquez. Meski tidak ada sanksi untuk Rossimaupun Marquez, tapi percik perselisihan kedua pembalap mulai dari sini.

Terlepas dari masalah tersebut, Rossimenjadi Raja di Negeri Kincir Angin. Total, Rossitelah merebut 8 kali kemenangan selama karier balapnyadi semua kelas. Yamahamenjadi pabrikan Jepang yang sukses di salah satu sirkuit legendaris ini.

Meski terletak di Belanda, hanya satu pembalap tuan rumah yang meraih podium di sirkuit ini, yaitu Wilco Zeelenberg. Dia menempati posisi 3 dalam balapan 250cc pada 1994.Berikut beberapa data dan fakta lain seputar balapan di sirkuitAssen, Belanda sebagaimana dikutip Liputan6.comdari berbagai sumber.

1. Assenmenjadi satu-satunya trek yang rutin menghelat GrandPrixsetiap tahun sejak pertama kali GrandPrixdigelar pada 1949.

2. Sirkuit Assenyang orisinal digunakan sampai musim 1954 dan memiliki panjang lintasan 16,54 km. Namun pada 1955, lintasan tersebut dipangkas hingga 7,7 km dan berubah bentuk sehingga panjang lintasannya secara keseluruhan menjadi 6,1 km. Hingga kini bentuk sirkuit tidak mengalami perubahan sejak 2006 dengan beberapa penyesuaian.

3. Musim 1950, di kelas 500cc balapan terlamasepanjang sejarah terjadi di sirkuit ini. Dengan total balapan sepanjang 298 km dengan waktu 2 jam 43,2 detik.UmbertoMasettiyang menggeberGilerakeluar sebagai pemenang dalam balapan itu.

4. Kejadian dramatis juga terjadi di kelas 500cc pada 1975. Ketika itu, dua pembalap BarrySheenedan GiacomoAgostinimenyentuh garis finis secara bersamaan sehingga petugas pencatat waktu menuliskan waktu finis kedua pembalap secara bersamaan. Ketika itu, pencatatan waktu masih menggunakan metode manual.

5. Yamahamenjadi pabrikan tersuksesdi Assendi era mesin 4-tak dengan meraih tujuh kemenangan, sedangkan Hondameraih lima kemenangan. Sedangkan, pabrikan asal Eropa, Ducatimeraih satu kemenangan pada 2008.

6. ValentinoRossimerupakan rideryang sukses mempertahankan gelar juara di Assen secara berturut-turut. Pembalap berjuluk The Doctorini meraih kemenangan dua musim beruntun pada 2004 dan 2005.Rossimerebut 8 kemenangan, enam kemenangan di MotoGPdan masing-masing satu di kelas 250cc dan 125cc.

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!