Hindari 6 Kebiasaan Buang-buang Duit Ini

redaksi.co.id - Hindari 6 Kebiasaan Buang-buang Duit Ini Beberapa dari Anda mungkin memiliki kebiasaan menghabiskan uang pada hal yang sama berulang-ulang. Karena sudah menjadi kebiasaan, hal...

48 0

redaksi.co.id – Hindari 6 Kebiasaan Buang-buang Duit Ini

Beberapa dari Anda mungkin memiliki kebiasaan menghabiskan uang pada hal yang sama berulang-ulang. Karena sudah menjadi kebiasaan, hal tersebut akan dilakukan tanpa sadar.

Sekadar naik taksi, membeli sepatu merek mahal setiap bulan, atau pergi nongkrong di tempat mahal dengan teman mungkin adalah hal yang biasa. Kebiasaan tersebut terus berulang sampai Anda tidak sadar hal tersebut ternyata membengkakkan pengeluaran.

Sebelum terjebak pada keadaan yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda menyadari ke mana uang Anda selama ini terbuang.

Melansir money.usnews.com, Rabu (22/6/2016) berikut adalah 6 hal yang juga bisa dihindari demi menekan pengeluaran.

1. Malas menggunakan trasportasi umum

Perjalanan dari rumah ke kantor atau bahkan berjalan-jalan bisa diakali agar lebih mudah dengan menggunakan kendaraan umum. Meskipun Uber atau taksi juga merupakan kendaraan umum, tapi harga yang ditarifkan cenderung mahal.

Anda bisa lebih hemat dengan menggunakan bus atau kereta api. Bahkan, bila tujuan Anda tidak jauh, selalu ada pilihan untuk berjalan kaki.

2. Memilih merek mahal

Jika Anda lebih tertarik untuk memilih barang dengan merek tertentu berharga tinggi, mungkin sudah saatnya untuk merenungkan kembali hal tersebut.

Kecuali Anda memiliki penyakit tertentu, beberapa barang seperti sampo ataupun sabun rata-rata memiliki fungsi yang sama.

Begitupun dengan sepatu ataupun kemeja. Anda tidak harus selalu membeli barang mahal untuk tampil lebih baik.

3. Tergiur barang dekat kasir

Barang di dekat kasir toko dapat berupa camilan seperti permen karet atau cokelat. Camilan tersebut mungkin bukanlan sesuatu yang Anda butuhkan. Tapi posisinya yang pas sering kali membuat pelanggan sulit menolaknya.

4. Menikmati hobi yang mahal

Hobi seperti bermain golf atau minum kopi di kedai mahal dapat menguras anggaran pengeluaran Anda. Daripada menghabiskan waktu pada kegiatan yang mahal tersebut, akan lebih baik bila Anda memilih untuk melakukan jalan kecil di sore hari, atau apa pun yang tidak memerlukan uang banyak.

5. Boros pulsa

Rekap kembali tagihan telepon Anda akhir-akhir ini. Bila selalu mengeluarkan biaya yang mahal, ada baiknya jika Anda memperhatikan aktivitas telepon Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa beralih ke provider yang lebih murah.

6. Sering membeli makanan di luar

Membeli makanan diluar sudah jelas merupakan hal yang boros. Anda bisa mulai untuk belajar memasak dan membeli bahan-bahannya sendiri di supermarket untuk menekan pengeluaran. (SAR/Ndw)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!