Kalahkan Italia, Irlandia Lolos ke 16 Besar

redaksi.co.id - Kalahkan Italia, Irlandia Lolos ke 16 Besar Irlandia berhasil mengalahkan Italia 1-0 pada laga terakhir Grup E Euro 2016. Gol kemenangan Irlandia tercipta melalui...

14 0

redaksi.co.id – Kalahkan Italia, Irlandia Lolos ke 16 Besar

Irlandia berhasil mengalahkan Italia 1-0 pada laga terakhir Grup E Euro 2016. Gol kemenangan Irlandia tercipta melalui sundulan Robbie Brady.

Sepanjang pertandingan Italia berada dalam tekanan Irlandia yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar. Namun, skuad asuhan Martin O’Neill tak mampu menciptakan satu pun gol meski Italia hanya turun dengan pemain lapis kedua.

Serangan Irlandia sendiri terlalu berat sebelah. Mereka banyak melancarkan serangan dari sisi kanan yang dijaga oleh Federico Bernardeschi dan Andrea Barzagli.

Irlandia tampak banyak bergantung pada kelincahan gelandang James McClean dan Jeff Hendrick.

Peluang pertama didapatkan Irlandia pada menit ke-10 Irlandia melalui Jeff Hendrick. Gelandang klub Derby Country itu melepaskan tembakan dari luar kotak pinalti yang hanya melebar tipis di sisi kanan gawang Italia.

Sebelas menit berselang Irlandia kembali mendapat peluang. Kali ini Daryl Murphy berhasil menanduk umpan sepak pojok yang dilepaskan Robbie Brady.

Sayangnya tandukan Murphy masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Italia, Salvatore Sirigu. Satu-satunya peluang Italia terjadi pada menit ke-43. Ciro Immobile melepaskan tembakan dari luar kotak pinalti. Namun tendangannya masih melebar dari gawang Irlandia yang dijaga oleh Darren Randolph.

Irlandia seharusnya mendapatkan pinalti pada menit ke-44. Bernardeschi melanggar McClean yang sedang membawa bola di kotak pinalti. Tetapi wasit tak melihat jelas kejadian itu. Protes yang diajukan Irlandia pun tak digubris.

Pada babak kedua, Irlandia kembali lebih mendominasi penguasaan bola. Namun Italia lebih dulu menciptakan peluang emas. Penyerang Simone Zaza berhasil melepaskan tendangan Voli dari tengah kotak pinalti pada menit ke-53. Namun upayanya masih melambung sedikit di atas mistar gawang.

Penyerang Lorenzo Insigne yang masuk pada babak kedua juga hampir membuat suporter Irlandia terbungkam. Beruntung bagi Irlandia, sepakan Insigne hanya membentur tiang kiri gawang.

Rapatnya pertahanan Italia membuat serangan Irlandia kerap gagal di lini belakang. Pelatih Martin O’Neill pun memutuskan memasukan gelandang lincah Wes Hoolahan pada menit ke-76. Masuknya Hoolahan membuat serangan Irlandia lebih tajam.

Pada menit ke-84 Hoolahan berhasil menerobos lini belakang Italia dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun sepakannya masih dapat dimentahkan Sirigu.

Semenit berselang upaya keras Irlandia berbuah hasil. Hoolahan yang tak terkawal melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Italia. Umpannya mampu dijangkau Brady yang menyundul bola melewati Sirigu.

Italia mencoba banngkit dengan beberapa menit tersisa. Namun mereka kesulitan melawan lini tengah Irlandia yang tampil lebih bersemangat setelah gol itu.

Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 bertahan untuk Irlandia. Hasil itu membuat Irlandia berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai satu dari empat posisi ketiga terbaik. Sementara Italia tetap berada di puncak klasemen Grup E. BBC|FEBRIYAN

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!