JK Tak Mau RI Kalah dari India Soal Teknologi

redaksi.co.id - JK Tak Mau RI Kalah dari India Soal Teknologi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak ingin Indonesia kalah dari India. Saat ini Negeri Bollywood...

17 0

redaksi.co.id – JK Tak Mau RI Kalah dari India Soal Teknologi

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak ingin Indonesia kalah dari India. Saat ini Negeri Bollywood tersebut telah mampu meluncurkan satelit dari negaranya sendiri.

JK mengatakan, Indonesia harusnya bisa lebih unggul dari India. Pasalnya Indonesia punya satelit lebih dulu daripada India, yaitu Satelit Palapa.

“Masa kita kalah dari India, padahal dulu kita lebih duluan punya satelit dibanding India,” ujar dia di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2016).

Namun saat ini, India sudah jauh lebih berkembang dibanding Indonesia dalam hal kemajuan teknologi. India sudah mampu meluncurkan satelit dengan roket buatnya sendiri.

Dalam peluncuran satelit Lapan A3, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menerangkan satelitnya tersebut di India.

“Sekarang kita minta tolong dia untuk terbangkan satelit kita. Padahal dulu kita lebih duluan punya satelit,” kata dia.

Supaya teknologi ini bisa berkembang dengan baik, JK mengharapkan para peneliti Indonesia bekerja lebih produktif. Meski JK juga mengakui masih ada keterbatasan anggaran dan fasilitas bagi para peneliti tersebut, namun dia berharap hal ini cepat bisa dipenuhi oleh pemerintah.

“Di sini (Lapan) ada 1.000 lebih staf dan 500 scientist. Bagaimana 500 scientist ini betul-betul produktif. Ya tentu ada keterbatasan anggaran, keterbatasan fasilitas, yang nanti pada waktunya kita perbaiki lah,” tandas dia.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!