India Meluncurkan 20 Satelit Sekaligus

redaksi.co.id - India Meluncurkan 20 Satelit Sekaligus India sukses meluncurkan 20 satelit dalam sebuah misi, Rabu, 22 Juni 2016. Sebagian besar satelit tersebut ditujukan untuk melayani...

26 0

redaksi.co.id – India Meluncurkan 20 Satelit Sekaligus

India sukses meluncurkan 20 satelit dalam sebuah misi, Rabu, 22 Juni 2016. Sebagian besar satelit tersebut ditujukan untuk melayani klien internasional dalam mengejar pangsa lebih besar dari 300 milyar dolar Amerika di industri antariksa global.

Angka tersebut adalah yang tertinggi dari satelit yang pernah diluncurkan sekaligus ke luar angkasa oleh India. Namun jumlah ini belum dapat mengalahkan rekor peluncuran tunggal 37 satelit oleh Rusia pada 2014.

Pedana mentri Narendra Modi menyebut peluncuran ini sebagai prestasi monumental untuk Indian Space Research Organisation (ISRO). Modi berulang kali memuji usaha para ilmuwan yang dua tahun lalu telah mengirim wahana antariksa ke orbit Mars.

Peluncuran roket PSLV-C34 itu membawa 20 satelit, termasuk satelit seri Cortosat-2 dan 19 satelit penumpang. Salah satu di antaranya adalah satelit Lapan A-3/IPB yang akan memantau pertanian dan maritim di Indonesia.

“Peluncuran ini tampak seperti membawa burung-burung terbang ke luar angkasa, kata Ketua ISRO Kiran Kumar. Dalam laman Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) disebutkan bahwa roket PSLV adalah kendaraan peluncur yang telah sukses membawa 113 satelit.

Dari angka itu, 74 di antaranya untuk klien internasional. Seluruh satelit diluncurkan pada Rabu, kecuali 3 satelit untuk klien internasional. Porsi untuk satelit Amerika Serikat lebih dari setengahnya. STRAITSTIME | IQRA ARDINI | TJANDRA DEWI

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!